Bebaskan Macet dan Hidup Lebih Sehat Bersama MRT Jakarta, Yuk Bekerja Bersama #UbahJakarta

Bebaskan Macet dan Hidup Lebih Sehat Bersama MRT Jakarta

Jakarta merupakan kota besar dengan sejuta pesona yang mampu menarik ribuan orang di daerah untuk datang ke kota ini dengan harapan menjadi orang yang sukses. Nyatanya memang tidak sedikit orang yang berhasil di tanah betawi ini terbukti dengan semakin banyaknya kendaraan - kendaraan bermotor pribadi menghiasi setiap sudut jalan raya ibukota.

Saking banyaknya pengguna kendaraan bermotor pribadi di Jakarta mengakibatkan timbulnya masalah kemacetan yang sudah menjadi sarapan sehari - hari pengguna jalan raya. Hingga saat ini pun orang ketika mendengar nama kota Jakarta pasti kenangan indahnya adalah menghabiskan sisa hidupnya di jalan raya.

Coba kita hitung rata - rata orang jakarta menghabiskan waktu dijalan raya kurang lebih 4 jam untuk perjalanan pulang - pergi saja. Kalau sebulan misalkan kita ambil 20 hari kerja dalam sebulan, maka 4 jam x 20 hari = 80 jam.

Salau setahun berarti 80 jam x 12 bulan = 960 jam atau kalau di konversi didapat 40 hari.

40 hari atau 1 bulan 10 hari bukan waktu yang sedikit lho...

Waktu terlalu berharga untuk sekedar bermacet - macetan di jalan. Orang - orang yang kita sayangi sedang menunggu kita dirumah.

Selain kemacetan yang terjadi masalah kesehatan pun turut menghantui warga Jakarta, terang saja kendaraan pribadi ditambah kemacetan maka timbulah yang namanya polusi udara. Polusi udara saat ini masih menjadi masalah utama setiap kota - kota besar tidak terkecuali kota Jakarta

Polusi udara mampu menimbulkan penyakit seperti asma, bronkitis hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Salah satu penyebabnya adalah dari penggunaan kendaraan pribadi yang terus meningkat akibat kemacetan yang terjadi di tiap titik kota Jakarta.

Seberapa parah tingkat polusi udara di kota Jakarta saat ini? Mari kita cek bersama - sama.

Bersumber dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan sehingga didapatkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Propinsi DKI Jakarta adalah sebagai berikut (31/08/2017) :
Bebaskan Macet dan Hidup Lebih Sehat Bersama MRT Jakarta

Berdasarkan data diatas ternyata Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan termasuk daerah dengan tingkat polusi udara cukup tinggi karena nilai ISPU diatas 100 dan dinyatakan TIDAK SEHAT. Dari data tersebut juga sumber polusi udara terbesar bersumber dari kendaraan mobil

Masih mau tinggal di Jakarta? yakin bisa hidup lama? udah punya pasangan belum? hehehehe #backtotopic. Untung saja transportasi publik seperti TransJakarta sudah menggunakan standar emisi Euro 5 yang tergolong ramah lingkungan. Jadi bisa hidup lebih lama :)

Penyebab rendahnya minat warga terhadap transportasi publik

Walaupun sudah banyak transportasi yang mengaspal di kota Jakarta akan tetapi kendaraan pribadi masih tetap jadi pilihan nomor 1. Kekurangan transportasi publik saat ini :
  • Kurang layak dan tidak nyaman
  • Jadwal kedatangan dan keberangkatan masih cenderung terlambat
  • Armada masih kurang di daerah tertentu
  • Keluar ongkos berkali - kali
Bebaskan Macet dan Hidup Lebih Sehat Bersama MRT Jakarta
Beberapa moda transportasi umum masih kurang layak dan tidak nyaman sehingga masyarakat enggan beralih ke tranportasi publik | pic : satuharapan.com

Usaha Pemprov DKI untuk mendorong minat warga Jakarta untuk beralih ke transportasi publik

Mengajak warga Jakarta untuk mau menggunakan transportasi publik menjadi sebuah tantangan pemerintah untuk membenahi sistem transportasi ibukota. Hal - hal yang sudah dan akan dilakukan Pemprov saat ini antara lain:
  • Menambah jalur BRT (Transjakarta)
  • Menata sistem dan menyediakan anggota pemandu moda untuk Transjakarta
  • Peningkatan pelayanan KCJ (Kereta Commuter Jabodetabek)
  • Penggunaan MRT (Mass Rapid Transit
  • Pembangunan LRT (Light Rail Transit)

Apakah kita bisa mengajak orang untuk beralih dari kendaraan pribadi ke tranportasi publik?

Sangat bisa, apalagi saat ini ada transportasi jenis baru yang namanya MRT yang sedang dikerjakan oleh PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) dan saat ini tahap pembangunan MRT fase 1 sekarang (31/082017) progresnya sudah mencapai 76.08%. Selengkapnya simak video youtube yang diposting MRT Jakarta di bawah ini.


Mungkin teman - teman masih bingung apa itu MRT

MRT merupakan salah satu moda transportasi berbasis rel seperti kereta. Namun dalam operasionalnya di pusatkan di satu titik. Nanti kemungkinan besar pusat control akan dibangun di Lebak Bulus.

MRT dirancang sebagai salah satu pilihan moda transportasi untuk mengatasi masalah kemacetan di Jakarta. PT MRT Jakarta memiliki misi menjadi penyedia jasa transportasi publik terdepan yang berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan mobilitas, pengurangan kemacetan, dan pengembangan sistem transit perkotaan.

A post shared by MRT Jakarta (@mrtjkt) on
Meski MRT akan siap di tahun 2019 perubahan gaya hidup, kesiapan, serta kesadaran masyarakat untuk belajar beralih dan terbiasa menggunakan transportasi publik tetap menjadi aspek terpenting. Bukan soal seberapa baik kualitas suatu infrastruktur saja yang menjadi fokus pembicaraan, melainkan sudah seberapa siap kita untuk memulai dan menyongsong perubahan

Yakin MRT bisa mengatasi kemacetan yang terjadi di Jakarta

Bersama sama pasti kita bisa ubah Jakarta menjadi lebih baik melalui gerakan Bekerja Bersama #UbahJakarta. Dimana kita bisa turut serta mewujudkan gaya hidup bertransportasi yang aman, nyaman, dan rendah emisi. Caranya? segera gabung bersama gerakan #UbahJakarta disini dan gunakan tranportasi publik sebagai transportasi pilihan lalu sebarkan informasi dari seluruh kanal kampanye #UbahJakarta dan turut mengajak anggota keluarga, teman, dan masyarakat luas agar beralih menggunakan transportasi publik.

Bekerja Bersama #UbahJakarta
Bekerja Bersama #UbahJakarta | pic : jakartamrt.co.id

Bebaskan Macet dan Hidup Lebih Sehat Bersama MRT

Follow juga akun sosial media MRT Jakarta untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai transportasi publik..
Twitter @mrtjakarta
Facebook Fanpage : https://www.facebook.com/jakartamrt
Instagram @mrtjkt

No comments

- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.