Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku, UMKM Go Online!

Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku
Saatnya UKMK Go Online

Halo gan apa kabar? saya mau sedikit cerita nih kalau beberapa minggu lalu kebetulan saya mendapat kesempatan mengikuti pelatihan Gapura Digital with Google di Jakarta. Selain Jakarta kota - kota besar lainnya seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Malang, Makasar dan Yogya juga disambangi Google lho. Tujuannya adalah supaya UMKM bisa Go Online dan bisa memaksimalkan produk google untuk meningkatkan usaha meraka.

Pada kesempatan ini saya mau membagikan sedikit apa yang telah saya peroleh dari hasil pelatihan tersebut salah satunya adalah bagaimana membuat website gratis dengan Google Bisnisku. Produk website gratis ini baru saja diluncurkan tanggal 15 Mei 2017 lalu di Jakarta, makanya baru sedikit orang yang tahu, termasuk saya.

Apa itu Gapura Digital?

Gapura Digital adalah program yang mendukung Usaha Kecil Menengah Indonesia untuk memajukan bisnis melalui digital. Terdapat serangkaian topik yang lengkap mulai dari tren digital, membangun portal usaha hingga SEO/SEM. Anda dapat memilih topik yang diinginkan atau ikuti semua kelasnya untuk mendapatkan sertifikat dari Google.

Oke akan lebih enak lagi sebelum lanjut baca kita simak video mengenai Google Bisnisku dibawah ini yang di unggah oleh Google Indonesia via youtube.



Bagaimana sudah dapet sesuatu belum setelah melihat video dari Google Bisnisku diatas barusan? Kalau saya listing jadi manfaat menggunakan produk satu ini adalah :
  1. Mendapatkan situs web gratis dengan berbagai kemudahan.
  2. Menjangkau pelanggan melalui infomasi yang aktual karena didukung dengan foto, peta, postingan dan jam buka toko.
  3. Fitur ulasan yang membuat penjual dan pembeli bisa berinteraksi secara online.
  4. Mengoptimasi bagaimana cara orang - orang menemukan bisnismu.

Lalu bagaimana cara membuatnya?

Mudah saja, pasti teman - teman sudah pada punya smartphone kan? pasti punya akun Gmail donk!

Kalau belum punya silakan bikin dulu disini.

Kalau sudah silakan simak step - stepnya dibawah ini!

Step 1 Kunjungi Google Bisnisku

Kunjungi situs Google Bisnisku pada tautan berikut https://www.google.co.id/business/how-it-works/website/. Dengan menggunakan Google Bisnisku teman - teman UMKM bisa membuat website sederhana dengan waktu kurang dari 10 menit. Mantap Djiwa!


Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku
Contoh website yang dibuat menggunakan Google Bisnisku

Step 2 Isi Data Lengkap Mengenai Bisnismu

Setelah Sign in akan muncul tampilan form data pengguna disertai dengan peta lokasi bisnis. Lalu isi form sesuai dengan profil bisnismu mulai dari nama bisnis, negara/ wilayah, alamat, kota, kode pos, nomor telepon utama, kategori bisnis hingga situs web.

Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku
Tampilan form dan map google

Tambahan untuk form yang saya kasih tanda kotak merah.

Alamat harus diisi lengkap sesuai dengan alamat toko fisikmu berada atau rumah yang kamu jadikan tempat berbisnis sampai muncul tanda marking pada google map seperti di gambar.

Telepon utama tidak bisa menggunakan nomor telepon pribadi atau nomor hp jadi harus memiliki fixed line phone yang akan sangat membantumu dalam proses verifikasi selanjutnya.

Pemilihan kategori disesuaikan dengan jenis bisnismu, misalkan "Toko Pakaian" pilihlah yang lebih spesifik seperti "Toko Pakaian Pria" atau "Toko Pakaian Wanita".

Situs web sementara kosongkan saja jika masih belum punya situs web nanti bisa kita isi ketika kita sudah selesai membuat website gratis dengan google bisnisku.

Klik Lanjutkan

Step 3 Konfirmasi Data Bisnismu

Kegunaannya adalah menambahkan servis atau pelayanan yang akan kamu berikan (optional). Misalnya kamu mau kirim mengirim barang dan jasa langsung ke alamat pelanggan dengan jangkauan jarak (km) tertentu fitur ini sangat membantu menjalin pelanggan setia.
Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku
Tambahan optional pelayanan

Setelah itu silakan konfirmasi apakah benar semua data yang telah di isi.

Kalau sudah silakan check box saya berwenang mengelola bisnis ini dan saya menyetujui Persyaratan Layanan.

Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku
Menyetujui persyaratan layanan

Step 4 Lengkapi Profil Bisnismu

Seperti halnya sosial media lain kita juga harus melengkapi data -data profil pribadi. Nah disini kita akan melengkapi profil bisnisku seperti foto profil, nomor telepon, jam operasional dll.

Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku
Tampilan dashboard Google Bisnisku

Jika sudah, pada left sidebar silahkan pilih Situs Web dan lanjut ke step terakhir.

Step 5 Pilih Nama Domain Bisnismu

Satu lagi yang mesti teman - teman tahu situs gratis yang diberikan Google memiliki ekstensi domain yang berbeda daripada yang lain. Kalau teman - teman lebih familiar dengan ekstensi .com, .co.id, .net, .id, atau .web.id di situs web gratis ini memiliki nama domain .business.site jadi nantinya akan menjadi "namabisnisku.business.site".

Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku
Pilih nama bisnisku sesuai jenis bisnis atau nama toko online
Yeay, selamat bisnismu sudah Go Online hasilnya bisa di cek pada tautan ini http://tambahganteng.business.site/

Kalau ada yang masih bingung atau mau bertanya silakan tinggalkan komentar dibawah ya gan!

Selamat mencoba!

No comments

- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.