Tulis sesuatu dan tekan enter

author photo
By On
benteng marlborough
Wisata Sejarah Benteng Fort Marlborough Bengkulu | Dok. Pribadi
Wisata Sejarah Benteng Fort Marlborough Bengkulu - Benteng raksasa yang dimiliki provinsi Bengkulu ini merupakan benteng yang terbesar di Asia. Lokasinya cukup mudah dijangkau dan berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti Pantai Tapak Paderi, Pantai Zakat, Kampung Cina dan Tugu Thomas Parr. Sekali ngegas 2 sampai 4 tempat wisata pun terlampaui!

Di dalam area benteng ini kalian tidak akan ditemani pemandu yang bisa menemani perjalanan kalian, jadi mengenai hal - hal yang menyangkut sejarah Fort Marlborough pihak pengelola sudah menyediakan rangkuman cerita sejarah dan informasi penting berupa banner, foto hingga koleksi bersejarah lainnya untuk menambah pengetahuan kita.

Fungsi benteng Marlborough sendiri sebenarnya adalah sebagai pusat pertahanan namun pada masa Inggris dialihfungsikan sebagai pangkalan perdagangan. Hal ini terlihat pada tahun 1803 Dewan EIC memutuskan untuk menjadikan Benteng Marlborough sebagai pusat penimbunan rempah – rempah Inggris di seluruh Hindia Timur.
gerbang fort marlborough
Gerbang masuk benteng fort marlborough | Dok. Pribadi
Gerbang masuk area Benteng Fort Marlborough dilalui dengan melewati jembatan kayu dan untuk tiket masuk dikenai biaya Rp 5.000/ orang. Pada hari libur biasanya banyak wisatawan lokal menyempatkan diri berkunjung ke benteng ini untuk sekedar berfoto - foto pada sore hari sembari menunggu sunset dan menambah pengetahuan mengenai sejarah benteng ini.

Bagian - Bagian Bangunan Benteng
  1. Revaline adalah bangunan pertahanan bersudut tiga, umumnya terletak di atas parit di depan curtine yang dihubungkan oleh jembatan ke arah bangunan benteng.
  2. Curtine merupakan tembok pertahanan utama revaline sebuah benteng yang terletak diantara dua bastion.
  3. Bastion adalah bagian yang menjorok keluar yang terletak pada tiap – tiap sudut benteng. Posisinya ini memungkinkan seseorang untuk menembak tanpa harus memperlihatkan dirinya dan dapat menembak ke segala arah dengan bebas.
  4. Pada Benteng Fort Marlborough terdapat 4 meriam yang diletakkan di atas bastion. Masing – masing 1 meriam di bastion utara dan selatan, 2 meriam di bastion timur, dengan jenis caliber 10cm.
Beberapa akses ke tempat tertentu seperti terowongan di benteng ini sepertinya sengaja di tutup oleh pengelola. Walaupun sebenarnya saya masih penasaran dengan terowongan ini yang katanya memiliki beberapa cabang yang berujung di pantai Paderi, Pantai Zakat dan Istana Gubernur.

Beberapa meriam terlihat berbaris rapih di halaman tengah yang merupakan sisa - sisa dari peninggalan Inggris pada masanya. Terlihat juga ruangan tahanan yang berjejer di sisi - sisi bangunan dimana sekarang oleh pihak pengelola didalamnya sudah di tambahkan beberapa patung.

Seperti kebanyakan bangunan tua bersejarah lainnya benteng ini juga memiliki sisi mistis didalamnya, konon pada malam hari pernah terdengar ada suara langkah kaki, tercium bau busuk, suara orang tberteriak dan menangis di ruang tahanan bahkan ada yang mengatakan kalau di benteng ini terdapat 3 pintu penghubung ke alam ghaib .Wallahu A'lam
meriam for marlborough
Berjejer meriam peninggalan ingggris | Dok. Pribadi
parit fort marlborough
Saluran yang dulu banyak buaya melingkar di sekeliling bangunan | Dok. Pribadi
Parit keliling dengan kedalaman 1 – 3 meter dan lebarnya mencapai 7 meter. Parit ini dulunya digunakan sebagai pertahanan pertama terhadap serangan musuh dan pembuangan air dari dalam benteng.

Tips : Cuaca di Kota Bengkulu cukup panas sehingga sengatan matahari benar - benar terasa banget di kulit, sebaiknya gunakan sunblock dan sunglasses apalagi ketika sedang berada diatas benteng
halaman fort marlborough
Terdapat pohon beringin di tengah halaman | Dok. Pribadi
Istirahat sejenak di bawah pohon beringin yang berada di tengah halaman bikin suasana jadi adem sekaligus bisa melihat cerahnya langit biru kota Bengkulu. Pemandangan dari atas benteng pun tidak kalah kerennya karena kita bisa melihat birunya laut yang dimiliki Pantai Tapak Paderi dan Pantai Zakat.

Berikut postingan instagram saya ketika mengunjungi wisata sejarah Benteng Fort Marlborough Bengkulu. Jangan lupa di like ya! terima kasih.
Jangan lupa juga senggol temanmu, caranya dengan nge-share artikel ini dengan klik ikon sosial media dibawah ini!

7 komentar

avatar

Kapan-kapan semoga bisa main ke sini.

avatar

amiin semoga kesampaian main ke bengkulunya

avatar

Saya sudah banyak kali baca tentang Benteng Marlborough, tapi belum pernah ke sana. Mungkin suatu saat nanti, ya.

avatar

iya mbak Dyah semoga nanti bisa melipir ke Bengkulu :)

avatar

Enak yah kalau ke Benteng ini bisa lanjut ke ke Pantai, semoga bisa kesini suatu saat.

avatar

ihh bagus yaa pemandannganya kak, btw kalau yang demen selfie tempat ini cocok banget deh.. Dari segi sejarah juga ada best lah, moga kapan-kapan bisa kesini

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Click to comment