Impian Membuat Website Edukasi Bersama DomaiNesia

membuat website edukasi bersama domainesia
Membuat website edukasi bersama Domainesia.com | Sumber gambar freepik.com
Impian Membuat Website Edukasi Bersama DomaiNesia - Pernah beberapa kali muncul keinginan saya untuk membuat sebuah website edukasi yang bisa memberikan manfaat bagi orang banyak akan tetapi saya masih belum siap karena yang saya tahu membuat sebuah website itu tidak hanya memiliki modal tapi juga konsistensi dan rasa tanggung jawab.

Membuat website itu tidak gratis! jadi harus konsisten serta memiliki rasa tanggung jawab. Kalau hanya membuat website saja tanpa diperjuangkan untuk tetap hidup dan berkembang buat apa?

Membuat website yang bermanfaat bagi orang banyak merupakan satu dari sekian banyak keinginan yang ingin saya wujudkan menjelang di penghujung akhir tahun 2017.

Dari awal saya pun bingung mesti mulai darimana, karena segalanya serba terbatas mulai dari tenaga, waktu dan uang. Saya hanya punya modal "mimpi" apalagi saya bukan orang yang memiliki latar belakang IT yang mengerti coding atau hal lainnya terkait website.

Mimpi ini muncul begitu saja ketika saya banyak melihat dan mendengar berita mengenai startup yang ada di Indonesia dengan ide-ide luar biasa dan mampu memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat mulai dari segi sosial, ekonomi dan budaya.

Pernah sempat ada keinginan untuk meng-hire freelancer untuk mendesain sebuah website yang saya inginkan. Harga yang ditawarkan bervariasi dan yang paling murah adalah sekitar Rp 5 jutaan dengan fitur biasa, namun akhirnya saya urungkan niat itu.

Tidak berhenti disitu saya pun mencari alternatif lain yaitu dengan bergabung ke sebuah komunitas blogger di jakarta dan mulai sedikit demi sedikit mempelajari mengenai sebuah website. Mulai dari awal pembuatannya, memeliharanya hingga bagaimana proses eksekusinya hingga siap diluncurkan.

~Langkah pertama saya membuat sebuah website sendiri~


memilih nama domain yang tepat
Sumber gambar Domainesia.com | Diedit oleh Dewangga
Bagi saya nama domain ibarat memberi nama bayi yang baru lahir yaitu harus mudah diingat, mudah dieja, unik dan memiliki arti yang baik. Namun biasanya nama domain yang bagus dan mudah diingat itu statusnya kebanyakan sudah tidak tersedia alias sudah dibeli atau sudah digunakan oleh orang lain.

Nama domain merupakan identitas sebuah website dan untuk mendapatkannya kita harus berlomba dengan orang lain (kompetitor).

Saya mengecek ketersediaan nama domain inceran saya di DomaiNesia dan berharap nama domain inceran saya masih tersedia dan siap saya amankan.

Setelah meng-input beberapa nama domain yang relevan dengan model website, saya akhirnya menemukan nama yang sesuai dan masih tersedia tidak perlu menunggu lama langsung saja saya amankan domain tersebut dengan mahar sebesar Rp 99 ribu/ tahun. Murah bukan?

Nama-nama domain paling mudah diingat sekarang sedang didaftarkan setiap harinya, bahkan hingga mencapai rata-rata di mana satu nama domain akan didaftarkan setiap 5 detiknya.

Saya memutuskan menggunakan domain dengan ekstensi .com karena ekstensi ini sudah populer dan banyak digunakan oleh website - website besar lainnya. Selanjutnya saya akan memilih hosting.

memilih hosting untuk pemula
Sumber gambar Domainesia.com | Diedit oleh Dewangga
Dalam memilih hosting untuk pemula seperti saya tentunya saya sangat terbantu dengan adanya rincian fitur dan spek tiap paket hosting ditambah lagi dengan pilihan metode pembayaran per bulan. Ternyata membuat website tidak semahal yang saya bayangkan cukup dengan membayar hostingan mulai dari Rp 8 ribu/ bulan saja website impian sudah ada didepan mata.

Sebelum memutuskan memakai hostingan yang mana saya coba membandingkan fitur dan spek setiap paket hosting yang ditawarkan dan disesuaikan dengan kebutuhan, intinya jangan sampai salah memilih kapasitas besar sedangkan penggunaannya hanya untuk website pribadi. Atau jangan sampai salah memilih hosting dengan kapasitas sedikit padahal peruntukannya untuk toko online yang membutuhkan kapasitas cukup besar.

pelayanan memuaskan
Sumber gambar Domainesia.com

~Pelayanan Kelas Atas~

SSD Super Cepat. Memungkinkah website saya memiliki performa yang secepat bagai kilat. Wuuzz.

Instant Deploy. Setelah saya melakukan pembelian domain beserta dengan hostingnya, ada satu hal lagi yang membuat saya bingung yaitu bagaimana cara instalnya?

Nah disini ada yang namanya instant deploy yaitu fitur eksklusif DomaiNesia di mana saya bisa dengan mudah membuat website sendiri hanya dengan sekali klik. Enggak percaya? Coba sendiri dengan mengklik gambar di bawah ini!.


Banyak pilihan platform yang disediakan namun tetap harus sesuai dengan kebutuhan website misalkan untuk kebutuhan blogging kalian bisa menginstall Wordpress, Drupal, Joomla dan Ghost atau bagi yang ingin membuat toko online sangat bisa sekali dengan pilihan platform seperti Prestashop, Opencart, Litecart dan Magento. Sekali klik jadi deh!

banyak platform pilihan
Sumber gambar Domainesia.com

Cloud Backup. Tidak perlu was - was mengenai semua data di website karena website sudah berada ditangan yang tepat dan semua data tersimpan dengan aman.

Garansi Uang Kembali. Saya percaya akan pelayanan yang diberikan DomaiNesia kepada para customer-nya hingga berani memberikan garansi uang kembali.

Unlimited Bandwith. Tidak ada pembatasan bandwith membuat kinerja website menjadi lancar.

Passionate Customer. Jujur saya puas dengan pelayanan customer service-nya yang membantu saya mulai dari awal pembuatan sampai selesai pembuatan website. Saya melakukan live chat dan fast response balesannya cepet. Top Banget!

Dalam sekejap akhirnya impian saya untuk membuat website edukasi pun menjadi kenyataan dan telah terdaftar dengan nama domain Ngajarin.com dan menggunakan hosting dari DomaiNesia, pada penasaran kan hasilnya? berikut screenshoot-nya.

Screenshoot Website baru Ngajarin.com

~Saya tidak berhenti sampai di sini saja~


Saya merasa website ini harus tetap aman dan terhindar dari tindakan hacker serta pelaku pencurian data lainnya.

Senang sekali saya mengetahui bahwa DomaiNesia menyediakan SSL gratis, benar-benar tidak salah pilih pokoknya :)

Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

gratis ssl dari domainesia
Sumber gambar Domainesia.com | Diedit oleh Dewangga
SSL gratis Let's Encrypt langsung saya pasang di website dengan mengikuti panduan yang diberikan. Di tengah jalan sempat bingung kenapa alamat domain masih belum juga mengarah ke https hingga akhirnya saya melakukan live chat dengan bagian teknisi DomaiNesia sampai proses redirect selesai. Saking enaknya tanya jawab segala macem saya merasa  seperti ngobrol dengan teman sendiri. sabar, ramah & fast response.

Akhirnya impian membuat website edukasi sendiri sudah terwujud, harapan saya semoga website ini bisa memberikan manfaatnya bagi masyarakat Indonesia.

Terima kasih DomaiNesia :) telah mewujudkan impian saya menjadi kenyataan.


Jangan lupa mem-follow dan like akun sosial media DomaiNesia untuk mendapatkan tawaran dan informasi menarik lainnya :

6 comments:

  1. Waaaaa... Gak sabar akan seperti apa website edukasinya. Ku tunggu Ngajarin-nya ya Mas. 😅😅

    ReplyDelete
  2. Jadi kepikiran pengen bikin domain baru niche food😅😅 soalnya yg bilik cerita gado-gadonya bener2 kelebihan bumbu. Jadi entah gimana itu😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak itu gado-gado mbak tinggal di tambahin kecap sama kasih cabe 7 biji hehe..

      Delete
  3. Wah, masih ada niat buat edukasi yaa, keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas selagi masih diberi umur panjang manfaatkan sebaik mungkin

      Delete

- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.