Mengajak Generasi Millennials Mengenal Indonesia Melalui Rupiah

mengenal indonesia cinta rupiah

Mengajak Generasi Millennials Mengenal Indonesia Melalui Rupiah - Indonesia lahir dan kuat karena memiliki keragaman suku budaya, agama, ras dan bahasa. Keberagaman itulah yang membuat Indonesia menjadi potret kumpulan kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Mempersatukan keberagaman bukan merupakan hal yang mudah dilakukan apalagi budaya kita terus digerus oleh kehadiran budaya asing, upaya mempertahankan identitas bangsa harus terus dilakukan demi mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa yang utuh.

Dibutuhkan alat pemersatu bangsa yang bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat

Kehidupan yang kita jalani saat ini tidak lepas dari peran para pahlawan yang dahulu telah berjuang mempertaruhkan jiwa dan raga untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu sekaranglah saatnya giliran kita sebagai generasi cerdas yang dibekali potensi, kemampuan dan teknologi mumpuni harus bisa mempertahankan apa yang telah para pahlawan dahulu perjuangkan.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya

Kekayaan alam Indonesia sepatutnya harus terus kita jaga supaya nanti anak cucu kita juga bisa menikmatinya. Keindahan dan kekayaan yang dimiliki setiap daerah tentunya berbeda-beda dan untuk itu perlunya mengenalkan kekayaan dan potensi yang dimiliki kepada masyarakat Indonesia khususnya. Supaya generasi sekarang tahu bahwa Indonesia adalah surga tersembunyi di dunia.

Mengabadikan setiap keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia untuk lebih mengenal Indonesia

Untuk merealisasikan hal itu semua baik untuk pemersatu bangsa, menghargai jasa pahlawan, hingga mengenalkan kekayaan alam Indonesia, Bank Indonesia selaku bank sentral mengeluarkan mata uang yang selama ini kita kenal sebagai Rupiah.

Rupiah sebuah alat pembayaran yang sah di Indonesia yang memiliki desain indah dengan menampilkan foto wajah pahlawan disisi depan dan menampilkan keindahan dan kekayaan alam Indonesia di sisi bagian belakang. Seperti yang bisa kita lihat pada mata uang rupiah emisi 2016 berikut.

#1. Uang Kertas pecahan Rp 100.000

mengenal indonesia cinta rupiah
Saya rasa kedua sosok proklamator ini masih sangat melekat sekali di hati bangsa Indonesia. Foto wajah mereka tidak pernah absen mengisi tampilan mata uang pecahan Rp 100.000. Selain tersemat di uang kertas nama mereka lebih dulu dijadikan nama Bandara yang kita kenal sebagai bandara Soekarno-Hatta.

mengenal indonesia cinta rupiah
Pada sisi bagian belakang uang kertas Rp 100.000 terdapat gambar Penari Topeng Betawi dan berlatar belakang Raja Ampat.

#2. Uang Kertas pecahan Rp 50.000

mengenal indonesia cinta rupiah
Terkenal lewat Deklarasi Djuanda yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar diantara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI), nama Djuanda juga dijadikan nama bandara di Surabaya.

mengenal indonesia cinta rupiah
Pada sisi bagian belakang uang kertas Rp 50.000 terdapat gambar Penari Legong Bali dan berlatar belakang Taman Nasional Komodo.

#3. Uang Kertas pecahan Rp 20.000

mengenal indonesia cinta rupiah
Dikenal sosok yang cerdas dan mendapatkan gelar doktor yang ketika menempuh pendidikan di Swiss. Ia sangat berjasa dalam perjuangan melawan pembodohan dan kolonialisme Belanda di Manado. Ia memperjuangkan pendidikan masyarakatnya dengan baik. Ia juga ditunjuk atau terpilih sebagai Gubernur pertama Sulawesi Utara yang membawa kemajuan dan perubahan di Sulawesi utara.

mengenal indonesia cinta rupiah
Pada sisi bagian belakang uang kertas Rp 20.000 terdapat gambar Penari Gong asal Kalimantan Tengah dan berlatar belakang keindahan bawah laut yang dimiliki Derawan yang ada di Kalimantan Utara.

#4. Uang Kertas pecahan Rp 10.000

mengenal indonesia cinta rupiah
Memang sosok Frans Kaisiepo sempat bikin masyarakt bertanya-tanya karena kurang familiar apalagi masih sedikit informasi yang didapat pada buku pelajaran sejarah di bangku pendidikan. Sebelum wajah gambar foto wajah Frans Kaisiepo terpampang di uang rupiah baru, namanya telah lebih dulu dijadikan sebagai nama Bandara Internasional di Biak Numfor.

mengenal indonesia cinta rupiah
Pada sisi bagian belakang uang kertas Rp 10.000 terdapat gambar Penari Pakarena asal Sulawesi Selatan dengan berlatar belakang keindahan bawah laut yang dimiliki Taman Nasional Wakatobi yang ada di Sulawesi Tenggara.

#5. Uang Kertas pecahan Rp 5.000

mengenal indonesia cinta rupiah
Sosok Idham Chalid dikenal oleh masyarakat adalah sebagai ulama yang menjabat sebagai ketua PBNU selama 28 tahun. Namun ternyata beliau juga merupakan tokoh politik yang mumpuni. Jabatan beliau pada masanya antara lain Wakil Perdana Menteri Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan pernah juga menjadi ketua DPR RI.

mengenal indonesia cinta rupiah
Pada sisi bagian belakang uang kertas Rp 5.000 terdapat gambar Penari Gambyong asal Jawa Tengah dan berlatar belakang keindahan Gunung Bromo yang ada di Jawa Timur.

Walaupun sekarang sudah dikeluarkan uang rupiah baru emisi 2016 memiliki teknologi baru yang memiliki fitur keamanan yang lebih baik daripada keluaran sebelumnya. Namun tetap saja kita harus waspada terhadap pemalsuan uang apalagi sudah ada yang banyak beredar di masyarakat. Dari dulu sampai sekarang teman-teman pasti fasih banget dengan slogan 3D : Dilihat, Diraba, Diterawang yang sampai sekarang masih efektif mengenali keaslian uang kertas.

#DILIHAT

mengenal indonesia cinta rupiah


Uang asli memiliki WARNA YANG TERANG DAN JELAS, secara kasat mata pun sangat mudah untuk dikenali.

Uang asli memiliki benang pengaman seperti yang terlihat pada uang kertas rupiah pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

Uang asli memiliki teknologi yang memungkinkan tinta bisa berubah warna jika dilihat pada sudut berbeda khususnya pada gambar perisai logo Bank Indonesia.

Uang asli memiliki gambar tersembunyi multiwarna yang berupa angka yang bisa dilihat pada sudat pandang tertentu.

Uang asli memiliki gambar tersembunyi pada bagian depan dan belakang dimana bagian depan berupa tulisan BI dalam bingkai persegi panjang. Sedangkan pada bagian belakang berupa angka nominal 100, 50, 20 dan 10 yang dapat dilihat pada sudut pandang tertentu.

#DIRABA

mengenal indonesia cinta rupiah

Uang asli memiliki TEKSTUR KASAR pada gambar utama, lambang negara, angka nominal, huruf terbilang, frasa "NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA" dan tulisan "BANK INDONESIA". Untuk penyandang tuna netra dapat meraba kode tuna netra (Blind Code) pada sisi kiri dan kanan untuk mengenali nominal dan keaslinan uang kertas Rupiah.

#DITERAWANG

mengenal indonesia cinta rupiah

Uang asli memiliki TANDA AIR berupa gambar pahlawan dan gambar logo Bank Indonesia dalam ornamen tertentu akan terlihat jika diterawang ke arah cahaya pada sudut tertentu

Gampang kan? Apalagi teknologi yang digunakan pada uang kertas rupiah emisi 2016 ini telah menggunakan membuat uang baru ini menjadi sulit untuk ditiru atau dipalsukan. Jadi lebih aman deh!

Pasti masih pada inget kan waktu zaman masih ABG dulu pernah sesekali nulis nomor hp di uang kertas? Hayoo ngaku deh, malah ada yang lebih parah lagi yaitu sudah berani menghina pahlawan kita dengan menambahkan gambar yang kurang pantas. Seperti gambar di bawah ini.

uang palsu
Sumber Google Image | MOHON JANGAN DITIRU!
Fans Anime Naruto pasti paham!

Nah yang paling sering saya temui pas lagi berbelanja di pasar tradisional nih, masih banyak banget uang yang sudah lusuh, sobek, adanya coretan, adanya noda dan warna yang sudah kusam. Sebenarnya uang seperti ini sudah tidak layak edar lagi.

Tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap Cinta Rupiah

Ternyata ada hukuman dan dendanya juga lho bagi mereka yang masih saja ngelakuin hal-hal yang dapat merusak rupiah. Nah lo...masih berani?

Sesuai undang-undang : Dipenjara maksimal lima tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar

Bela Negara tanpa Senjata

Mungkin dulu cara kita membela negara adalah dengan mengangkat senjata tapi zaman sudah berubah apalagi ketika Indonesia sudah merdeka dan memiliki mata uang sah-nya sendiri yakni "Rupiah". Seperti yang kita ketahui Rupiah merupakan satu lambang kedaulatan negara dan kebanggaan Indonesia, sebagaimana diatur dalam UU No. 7 Tahun 2011 tentang mata Uang.

Mencintai Rupiah = Bela Negara Tanpa Senjata

Yuk Rawat Rupiah! Caranya?

5 jangan rupiah
Sebenarnya kurang satu yaitu Jangan Dibuang karena nyari itu uang susah jadi daripada dibuang mending kasihkan ke saya saja ya hehehe, Oh iya saya mau ngasih tips nih biar gampang ngelakuin "5 Jangan" diatas :
  • Gunakan dompet yang bentuknya memanjang sehingga uang tidak terlipat.
  • Kalau terpaksa mendapatkan uang tidak layak edar mending tolak atau tukar dengan kondisi yang lebih baik. Kalau mau tukar uang kamu juga bisa langsung datang ke Bank Indonesia terdekat.
  • Tidak menyimpan uang tunai secara berlebihan
  • Kurangi transaksi tunai bisa gunakan Kartu Debit, Emoney, M-Banking atau SMS Banking

Mata uang Rupiah masih belum bisa menunjukkan kedaulatannya di perbatasan khususnya yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti :
  • Perbatasan Indonesia - Malaysia, mayoritas menggunakan mata uang Ringgit
  • Perbatasan Indonesia - Filipina, mayoritas menggunakan mata uang Peso
  • Perbatasan Indonesia - Papua New Guinea, mayoritas menggunakan mata uang Kina
Penggunaan mata uang asing di titik terluar Indonesia masih mendominasi. Padahal di titik terluar ini lah traffic perdagangan sangat tinggi namun ketersediaan rupiah yang masih jauh dari cukup serta kesadaran masyarakat yang rendah menyebabkan mata uang asing lebih perkasa. Akses infrastruktur yang belum memadai juga menjadi penyebab pasokan Rupiah di titik terluar tidak merata.

Sekarang uang bukan cuma alat pembayaran, tapi simbol kedaulatan bangsa

Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan TNI untuk membantu penyebaran Rupiah ke titik terluar Indonesia. Hal ini sebagai upaya untuk menjaga kedaulatan Rupiah di negara sendiri. Ayo dukung penggunaan rupiah di perbatasan!

Di beberapa minimarket sempat mengubah sistem pembayaran uang kembalian nominal kecil Rp 500, Rp 200 dan Rp 100 dari uang koin menjadi permen. Kesel juga sih, tapi ketika saya bilang "tidak" eh mbak kasirnya malah nawarin "kalau disumbangin gimana kak?", "Ya bolehlah" Jawabku.

Padahal harga permennya kalau dirupiahkan tidak sebanding dengan nominal kembalian uang logam yang seharusnya saya terima. Akhirnya disumbangin deh biar lebih berkah.

Sekalipun saya menerima uang kembalian nominal kecil atau uang koin ternyata sangat jarang sekali saya gunakan kembali untuk membeli barang, bukan karena kecil nominalnya sehingga jarang dipakai tetapi untuk membawanya saja cukup ribet, berat dan bikin dompet penuh. Akhirnya sebagian besar nasib uang logam itu berakhir di celengan.

Pernah suatu ketika saya tidak membawa uang koin dan waktu itu mau beli cemilan seharga Rp 1.700 di toko kelontongan, lalu saya bingung ketika si Penjual menanyakan "ada uang kecil gak dek?". Saya jawab "tidak ada Bu". Akhirnya saya pun tidak jadi membeli cemilan tersebut.

Uang logam rupiah kecil nominalnya besar manfaatnya

Andai saja saya tadi membawa uang logam nominal kecil Rp 200, Rp 500 dan Rp 1.000 pasti sekarang saya sudah bisa makan cemilan tadi. Walau nilainya kecil uang koin atau uang logam masih tetap bisa digunakkan.

Keberadaan uang elektronik yang tersemat di dalam sebuah kartu membuat transaksi di minimarket dan akses tol menjadi cukup mudah. Kartu tersebut memiliki saldo dalam jumlah uang tertentu yang bisa kita isi di bank, ATM, maupun minimarket terdekat. Transaksi pun bisa dilakukan lebih cepat kurang dari 5 detik "Luar biasa sekali ya teknologi zaman now, bisa masukin duit ke dalam kartu" Pikirku.


Bayar tanpa nunggu kembalian

Saya rasa yang paling masuk akal Alasan Cinta Rupiah adalah :
  • Kita hidup dan tinggal di Indonesia.
  • Rupiah adalah alat pembayaran yang sah 
  • Alat untuk menyatukan berbagai macam suku, agama, ras dan golongan.
  • Bentuk kemandirian bangsa kita
  • Bukti bahwa Indonesia adalah negara yang berdaulat

Presiden Joko Widodo sendiri juga mengajak segenap bangsa Indonesia untuk menggunakan mata uang rupiah di segala kegiatan ekonomi. Seperti menggunakan rupiah dalam setiap transaksi keuangan dalam negeri dan menyimpan tabungan dalam bentuk rupiah merupakan wujud cinta terhadap kedaulatan dan kemandirian bangsa Indonesia.


Akhirnya, Yuk kita mulai mengajak diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar untuk lebih menghargai dan mencintai rupiah. Karena selain untuk alat pembayaran tetapi rupiah juga merupakan bentuk kebanggaan dan kedaulatan Indonesia.

Mungkin pada zaman dahulu bangsa kita membela negara masih menggunakan senjata namun zaman sudah berubah karena sekarang waktunya bela negara tanpa senjata yaitu dengan gerakan Cinta Rupiah.

Kalau bukan kita sebagai anak bangsa yang mencintai Rupiah lalu siapa lagi?



Sumber referensi :
  • www.bi.go.id
  • www.peruri.co.id
  • www.pahlawanindonesia.com
  • www.biografipahlawan.com

17 comments:

  1. Selama ini saya bertransaksi juga memamakai Rupiah. Tapi ada beberapa transaksi dengan non-rupiah, pas belanja online di marketplace luar negeri.

    Artikel yang sangat informatif dan lengkap, Mas. Saya jadi tahu mengenai pahlawan-pahlawan yang ada di dalam Rupiah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk transaksi luar negeri jelas pake dollar mas hehehe kalau dalam negeri pake rupiah terus ya

      Delete
  2. Artikel yang sangat informatif. Terima kasih atas pengetahuan mengenai Rupiah yang telah Mas berikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat mas, terima kasih udah melipir ke blog sederhana ini

      Delete
  3. Artikel yg bagus 😁 sangat informatif,, banyak info yg saya dapat ketahui seperti lokasi n gambar2 yg terdapat pada uang rupiah,, serta saya jd tahu bagaimana caranya memperlakukan uang rupiah seharusnya,, karena klo bukan kita sapa lg yg mencintai mata uang kita sendiri yaitu RUPIAH,,, makasih infonya 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar di uang kertas rupiah menunjukkan kalau bangsa Indonesia tidak melupakan sejarah dan menghargai jasa para pahlawan

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. mungkin cara ini bisa dikatakan sebuah cara yang unik dan kreatif kepada banyak orang di zaman milenial saat ini agar lebih mengenal lebih dalam akan makna rupiah yang terkandung dalam lembaran uang dan bagi saya, transaksi pembelian atau penjualan menggunakan mata uang rupiah adalah yang terbaik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di dalam negeri maupun perbatasan usahakan pakai rupiah ya mas hehe

      Delete
  6. Jadi inget waktu SMK dulu ketika LDKS pertanyaan paling sulit selalu nama-nama pahlawan atau nama tempat yang terletak di uang kertas. Uangnya setiap hari dipakai untuk transaksi tetapi kita cuman lihat nominalnya saja sedangkan identitas untuk mengenal indonesia yang terletak di uang kita abaikan saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai sekarang pun orang tahunya cuma sebagai alat pembayaran saja padahal banyak syarat makna

      Delete
  7. Salah satu bentuk kecintaan kita terhadap NKRI adalah menggunakan Mata Uang Rupiah sebagai transaksinya..

    Lebih baik mencari rupiah dari pada bitcoin

    ReplyDelete
    Replies
    1. BI juga sudah menghimbau masyarakat untuk tidak ikut-ikutan main bitcoin karena masih belum diakui juga di beberapa negara takutnya malah banyak yang dirugikan

      Delete
  8. wow, lengkap banget pembahasannya.
    ohh iya. kebiasaan yang sering kita lakuin itu menyepelekan uang logam RP 100 dan Rp 200. padahal kalo dikumpulan banyak juga ya. bias buat simpenan kalo kekepepet tanggal tua #eh kan bias ditukerin di warung jadi uang kertas.

    picture bermanfaat, kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar lebih efektif makanya sekarang udah zamannya pake uang elektronik biar uang logam tidak penuh di dompet dan bikin orang gak males bawanya juga

      Delete
  9. aku gak nolak kok kalau dikasih rupiah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Koh Huang :) apalagi yang bergambar Soekarno Hatta hehe

      Delete

- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.