Type something and hit enter

author photo
By On
11 Situs Penyedia Makalah, Paper dan Jurnal

Favorit Mahasiswa Tingkat Akhir, 11 Situs Penyedia Makalah, Paper dan Jurnal - Berbagi cerita seputar masa-masa perjuangan dulu waktu masih kuliah dan pada semester akhir seperti kebanyakan mahasiswa lainnya disibukan dengan tugas akhir (dulu disebut skripsi).

Hingga rela begadang sambil nyeruput kopi sambil makan mie instant demi mendapatkan acc dari dosen pembimbing dan siap untuk dipresentasikan.

Yang namanya hambatan pasti ada aja dan salah satunya minimnya sumber data referensi. Satu demi satu senior saya datangi untuk saya mintai dana eh  data maksudnya. Akhirnya saya dapet beberapa bahan referensi yang cukup relevan.

Tidak lupa juga saya main ke perpustakaan kampus, kalau dipikir-pikir sudah lama ngampus tapi baru kali ini saya baru tahu kalau perpustakaan kampus itu enak juga ya tempatnya hehehe.

Berdasarkan pengalaman saya ada nih beberapa situs yang berfaedah banget apalagi untuk mencari makalah, paper dan jurnal. Simak gan!

1. E-Library

Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak. Biasanya isinya berupa database kumpulan ebook atau file pdf.

Biasanya setiap kampus sudah memiliki E-Library-nya sendiri, kalau kalian bilang "enggak ada" berarti kalian juga gak pernah perpustakaan kampus seperti saya dulu :p


2. Academia.edu

Academia.edu merupakan platform untuk akademisi untuk berbagi makalah penelitian mereka. Kebetulan saya juga  sudah punya akunnya di sini. Misi dari acedemia.edu sendiri adalah mempercepat perkembangan dunia penelitian di seluruh dunia. Setiap akademisi menggunakan Academia.edu untuk berbagi penelitian mereka, memantau dalam analytics untuk memantau dampak dari penelitian mereka, dan melacak penelitian akademik yang mereka ikuti.

Lebih dari 57 juta akademisi telah mendaftar untuk Academia.edu dan menambahkan sekitar 19 juta paper. Academia.edu menarik lebih dari 36 juta pengunjung unik per bulan.

3. Scribd

Scribd merupakan platform penerbitan terbuka favorit di dunia. Selain membuat keanggotaan buku pelayanan yang terbaik di sekitar, Scribd juga telah membangun platform terbuka paling populer di dunia penerbitan dan berbagi untuk semua jenis dokumen.

Sampai saat ini, orang di seluruh dunia memiliki lebih dari 60 juta dokumen melalui Scribd.

4. Google Cendekia

Google Cendekia menyediakan cara yang mudah untuk mencari literatur akademis secara luas. Mencakup berbagai bidang ilmu dan referensi dari satu tempat seperti makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel, penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, dan organisasi akademis lainnya.

Google Cendekia akan membantu kita mengidentifikasi penelitian paling relevan dari seluruh penelitian akademis.

5. ResearchGate

ResearchGate dibangun oleh ilmuwan untuk para ilmuwan. Memiliki misi untuk menghubungkan dunia ilmu pengetahuan dan membuat penelitian yang terbuka untuk semua. Platform ini berusaha untuk membantu para peneliti supaya bisa membuat kemajuan yang lebih cepat.

ResearchGate hari ini telah memiliki lebih dari 14 juta lebih anggota di seluruh dunia

6. Neliti

Neliti adalah mesin pencari penelitian yang membantu lembaga penelitian dan universitas di Indonesia biasaya digunakan untuk menemukan kembali hasil penelitian, data primer dan fakta. Platform ini mengindeks jurnal ilmiah, buku-buku, laporan penelitian, makalah kebijakan, makalah konferensi, dan data primer dari universitas, badan penelitian, lembaga pemerintahan, dan penerbit.

Melalui proses pengumpulan konten tersebut ke dalam satu database, Neliti berupaya mendukung peneliti dalam melahirkan riset yang meningkatkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia.

7. Academic Microsoft

Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari platform ini antara lain daftar publikasi ilmiah, bisa mengetahui yang mengutip publikasi, kemudahan menemukan profil penulis aslinya dan bisa mengikuti topik atau interest yang kita inginkan.

Microsoft Academia menawarkan pencarian yang relevan dan terus terbarukan dengan materi dari lebih dari 120 juta publikasi

8. Indonesian Publication Index (IPI)

Indeks publikasi Indonesia (IPI) memang khusus dirancang untuk browsing, pengindeksan, abstrak, pemantauan dan meningkatkan standar publikasi ilmiah di Indonesia. Saat ini, ada lebih dari 3000 Indonesia jurnal untuk dimasukkan dalam database IPI. Platform ini membuat akademisi Indonesia dan peneliti dapat diidentifikasi keahliannya, daerahnya, kolaborasi, merangsang penggunaan dan kutipan.

Paling demen sama situs ini karena kemudahan akses semua jurnal dari kampus TOP di Indonesia

9. JSTOR

JSTOR membantu kita menjelajahi berbagai macam konten ilmiah melalui penelitian yang kuat dan platform mengajar. JSTOR bekerja sama dengan komunitas akademik untuk membantu perpustakaan menghubungkan antara mahasiswa dan fakultas.

JSTOR memberikan kebebasan dan akses untuk mendapatkan beasiswa sehingga bisa membantu melestarikan konten pada masa yang akan datang

10. Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan, serta berkedudukan di ibukota negara.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan ini memiliki gedung baru yang megah dan terdiri dari 27 lantai. Bikin betah belajar pokoknya!

11. Terus Apalagi?

 Nomor 11 nunggu komentar temen - temen ya :)





Kamu pasti sudah pernah mengunjungi satu dari 10+1 situs diatas kan? hayo ngaku, berkat situs-situs tersebut kalian bisa dengan mudah mengerjakan tugas akhir kan, karena banyak sekali referensi yang bisa didapatkan.

Kalau ada referensi lain yang bisa ditambahkan monggo tinggalkan komentar di bawah ini ya. Terima kasih.

Feature Image : www.pixabay.com

8 komentar

avatar

Yaps betul sekali, saya pun sering mengunjungi scribd dan academia.edu

avatar

Seringnya no 2 tuh mas, academia.edu
Sesekali juga upload file makalah

avatar

banyak bahan referensi buat TA ya mas disana heheh

avatar

iya mas lumayan buat arsip bahan makalah

avatar

Mahasiswa zaman sekarang memang beruntung, karena semakin banyak referensi untuk skripsi yang bisa didapat melalui ranah digital.

Beda jauh sama zaman Saya lg sibuk2 skripsi sekitar tahun 2010 yang lalu.

Tapi bagaimanapun, setiap zaman memang punya tantangan yang berbeda-beda..

Ngomong-ngomong, situs Srcibd ini juga lumayan sering Saya pakai untuk ngerjain projek SEO loh. hehehe

avatar

Academia.edu bnr2 bantu bgt saat saya skripsi bahkan buat jurnal. Jd inget masa2 kuliah..ngejer2 dosen wkwkwk

avatar

iya mas jadi banyak referensi yg didapat berkat situs ini

avatar

aku dulu seringnya mampir di IPI sama Scribd hehe...jarang kalo ke perpus

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Click to comment