Type something and hit enter

author photo
By On
Menghilangkan Plot Stamp Educational Version Pada AutoCAD - Munculnya tulisan ini disebabkan karena pengguna masih menggunakan Autocad versi edukasi yang memang digratiskan oleh pihak Autodesk.

Bukan sembarang gratis tapi kita juga harus pasrah menerima timbal baliknya yaitu ketika melakukan plotting/ printing terdapat plot stamp pada setiap sisi gambar bertuliskan "PRODUCED BY AN AUTODESK EDUCATIONAL PRODUCT".

Bagi saya itu sah - sah saja pihak Autodesk memberikan cap educational ini yang penting tidak mengurangi informasi gambar tersebut namun menurut sebagian lainnya plot stamp ini secara kasat mata dirasa bisa mengurangi profesionalisme si tukang gambar. Jadi bagaimana cara menghilangkan plot stamp ini? mari kita coba pada tutorial di bawah ini!

#1. Ciri Versi Educational

Tutorial Autocad Indonesia
Hasil Screenshot
Ciri file yang masih menggunakan versi educational yaitu selalu muncul notif saat Open File walaupun si pembuka file sudah menggunakan autocad full version. Kalau ingin tetap melanjutkan proses editing atau plotting, pilih Continue the current operation.


#2. Muncul Peringatan Ketika Plotting

Tutorial Autocad Indonesia
Hasil Screenshot

Begitu juga ketika ingin melakukan plotting/ printing akan muncul notif yang menginformasikan bahwa hasil plotting akan tersemat plot stamp educational. Namun kalau masih tetap ingin melakukan plotting, silakan Klik Continue.

#3. Hasil Preview


Tutorial Autocad Indonesia
Hasil Screenshot
Dari hasil preview bisa dilihat sudah adanya plot stamp di setiap sisinya yang nantinya akan muncul di setiap teman -teman melakukan plotting.

#4. Save As DXF

Tutorial Autocad Indonesia
Hasil Screenshot
Cara menghilangkan plot stamp ini yaitu dengan cara melakukan Save As pada file tersebut dengan ekstensi yang berbeda. Kalau biasanya teman - teman lebih akrab dengan ekstensi DWG nah disini kita men-Save As file menjadi DXF (terserah pilih versi).

#5. Terakhir

Menghilangkan Plot Stamp Educational
Hasil Screenshot
Ketika proses Save As selesai silakan cek dengan open file DXF di folder teman - teman tadi. Lalu lakukan print preview, jika plot stamp tidak muncul berarti misi selesai dan bisa kalian Save lagi menjadi file DWG. Mudah bukan?

Pesan saya, gunakanlah software Autocad full version! dengan begitu kalian tidak perlu ribet melakukan tutorial diatas. Terima kasih

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Click to comment