Tulis sesuatu dan tekan enter

author photo
By On

Kumpul Blogger dan Penganugerahan Pemenang Lomba BPK Kawal Harta Negara - Jakarta, 15 Maret 2018 merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh para blogger dan saya (berharap menang). Bagi teman-teman yang belum sempat melihat tulisan saya yang diikutsertakan dalam kompetisi blog BPK Kawal Harta Negara bisa dilihat disini "Jangan Menutup Mata! Pentingnya Peran Serta Masyarakat Dalam Mengawal Harta Negara".

Hari itu saya diundang bersama dengan Komunitas Blogger Jakarta untuk menghadiri penganugerahan pemenang lomba blog oleh BPK RI dan berikut susunan acara yang bertempat di Auditorium BPK :

Agenda Kumpul Blogger BPK RI
Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama lalu dilanjutkan oleh pemaparan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Sekretaris Jendral BPK RI, Hendar Ristriawan dimana mengungkapkan "BPK mengadakan kompetisi blog dan mengundang para blogger sebagai bentuk komitmen BPK untuk mengajak masyarakat bersama-sama dalam mengawal harta negara".

Pemukulan Gong oleh Ketua BPK
Lalu dilanjutkan dengan sambutan Ketua KPK, Moermahadi Soerja Djanegara yang menyampaikan bahwa harta negara yang harus dikelola dengan baik dan transparan sesuai peruntukannya untuk kepentingan rakyat, itulah peran penting BPK dalam kawal harta negara.

Teman-teman blogger juga bermacam-macam tulisannya ada yang menulis dengan serius dan penuh kreatifitas apalagi ditambahkan beberapa gambar bergerak juga, sangat menarik "ungkap Ibu Uni Lubis".

Nah akhirnya yang ditunggu-tunggu mulai juga yaitu pengumuman para pemenang lomba blog BPK Kawal Harta Negara. Sebagai informasi bahwa kompetisi penulisan blog "BPK Kawal Harta Negara" dimulai pada tanggal 27 November 2017 dan telah ditutup tanggal 12 Februari 2018, dengan jumlah pendaftar yang telah masuk sebanyak 315 orang.

Seleksi tulisan dilakukan melalui 3 tahap yaitu tahap seleksi administratif, penjurian internal dan penjurian eksternal. Penjurian internal dilakukan untuk melihat kesesuaian tulisan dengan tema dan pemahaman penulis tentang BPK serta validitas data. Pada tahap ini berhasil tersaring sebanyak 241 orang dengan 250 link tulisan hingga akhirnya didapat 20 besar dan di seleksi lagi hingga akhirnya didapatlah 5 orang yang berhasil memenangkan kompetisi blog ini, berikut para juaranya :

Juara I 
Alexander Arie Sanata Dharma

Juara II
Yesi Hendriani Supartoyo

Juara III 
Lalu Alfian Rifa'i

Juara Favorit I
Lalu Alfian Rifa'i

Juara Favorit II
Bayu Satria Utama

Juara Favorit III
Saiful Rijal Yunus

Foto oleh Tigor Agustinus
Selamat ya buat para pemenang :) Padahal ngarep banget nama saya yang disebutin oleh para juri hehehe...

Oke selanjutnya ada para pembicara keren yang juga seorang Blogger, pasti udah tahu donk dari gambar utama di atas? Pembicara yang sudah tidak asing lagi bagi para blogger tanah air yaitu sebagai berikut :

Sesi pertama, Farchan Noor Rachman yang Memberikan tips menjadi blogger, dari gagasan menjadi tulisan.


Ngeblog itu pertama tentukan niche dulu supaya identitasmu mudah dikenal oleh pembaca maupun brand

Kalau ingin menuangkan ide di blog harus ada riset dan temukan sumber relevan untuk mendukung tulisan kita

Tulisan blog berawal dari ide lalu gali lebih dalam lagi agar menjadi benefit dan bermanfaat bagi orang lain

Sesi kedua, Aulia Halimatussadiah yang berbicara soal Personal branding dengan sosial media dan blog.


Personal branding? pertama Know Who You Are dulu deh...

Mau gampang nge-branding? Find your Keyword

Sebelum bikin konten pastikan kita tahu target marketnya dulu

Sesi terakhir, diisi oleh Dimas Novriandi yang kasih rahasia bagaimana Cara menghasilkan uang dengan menjadi influencer di blog


Apa aja sih yang bisa kita tulis di blog? pastinya banyak misal curhat, tutorial, berita, event dll dan semua bisa menghasilkan penghasilan.

Berhati-hati dalam ber-sosial media kalau perlu buat 2 akun supaya yang satu untuk nge-branding yang satu untuk curhat pribadi. Aman deh

Media kit merupakan alat ampuh untuk menjual diri kita kepada brand

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan para blogger pun antusias mengajukan beberapa pertanyaan seperti "berapa lama blog bisa menghasilkan uang?", "bagaimana menjual diri ke brand yang baik?", dan "bagaimana menentukan harga jual kepada brand?".

Ilmunya banyak banget deh pokoknya yang didapat dari acara kumpul blogger tersebut dan berharap BPK akan mengundang blogger dalam acara gathering atau sharing session seperti ini lagi kedepannya.

Selanjutnya apa lagi? ya foto-foto donk! berikut penampakan saya dan teman-teman blogger yang menghadiri acara Kumpul Blogger BPK


Dok Blogger Jakarta

4 komentar

avatar

Saya juga berharap mas angga yang juara. Hehe

avatar

waduh boleh tahu nomor token listriknya mas 😂😂 #NanyaDoank

avatar

saya juga menjagokan mas Dewangga loh sbg salah satu pemenang, hehe.. tapi emang hasil karya para pemenangnya jg keren2 banget dan "niat" lah ya. top. daannn untungnya acara talkshownya bener2 bermanfaat buat blogger, jadi sm sekali gak berasa rugi yg dateng ke acara ini walopun gak menang :)

avatar

ngga papa ngga menang yang penting dapet ilmunyaa, kayaknyaa kecee itu materi sharingnya :D

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Click to comment