Postingan Terhangat
latest

7 Jalan Legendaris Indonesia, Bikin Kagum Setiap Kali Melintasinya

7 Jalan Legendaris Indonesia, Bikin Kagum Setiap Kali Melintasinya - Kemana rencana traveling-mu di musim panas ini? Indonesia sudah hampir memasuki kemarau. Sebentar lagi adalah waktu yang tepat untuk terbang ke destinasi favoritmu. Biar dapat murah, cari tiket pesawat sesegera mungkin agar mendapatkan harga yang lebih bersahabat.

Keindahan Indonesia itu nggak ada habisnya. Bosan pantai, ada gunung. Bosan gunung, ada daerah-daerah dengan suasana kota yang ngangenin. Selalu pengen balik dan balik lagi ke sana, sekadar untuk menikmati keindahan kota yang kamu cintai.

Bicara soal jalanan yang ngangenin, ada beberapa kota di Nusantara yang punya jalanan legendaris dan diingat banyak orang. Bukan sekadar jalan biasa karena memiliki nilai lebih, baik dari wisata atau sejarah. Catat di agenda traveling kamu dan cari tiket pesawatnya sekarang juga! Inilah tujuh jalan legendaris di Indonesia yang selalu bikin kagum setiap melintasinya.

#1 Malioboro

sumber:krjogja.com
Siapa yang nggak kenal Malioboro? Kawasan ini selalu dipadati wisatawan yang datang ke Jogjakarta. Sebuah ikon pariwisata Kota Gudeg yang terus bertahan popularitasnya, dari dulu sampai sekarang.

Di Malioboro, kamu bisa menemukan banyak hal yang menjadi cermin dari kehidupan masyarakat Jogja. Mulai dari penjual gudeg kaki lima, kesibukan di Pasar Beringharjo, tukang becak dan delman yang selalu ramah dan tak kenal lelah menawarkan jasanya, Benteng Vredeburg yang masih berdiri tegak, sampai pusat perbelanjaan modern dan hotel berbintang.

Jalannya pelan-pelan saja karena setiap waktu ada seniman yang memamerkan kebolehan mereka di sepanjang Malioboro.

#2. Jalan Braga

sumber:pikiran-rakyat.com
Jalan Braga merupakan ikon wisata bagi Kota Bandung. Kepopulerannya hadir karena jalanan ini menawarkan suasana klasik dan romantis. Banyak gedung-gedung peninggalan jaman penjajahan yang masih terawat dengan baik.

Bisa dibilang, Jalan Braga adalah pusat kehidupan warga Bandung. Tempat yang pas untuk berwisata kuliner, berburu oleh-oleh, atau sekadar mencari spot terbaik untuk berselfie. Cari tiket pesawat ke Bandung dan segera susuri Jalan Braga di malam hari. Kamu akan paham mengapa jalanan ini menjadi legendaris

#3. Legian

sumber:panoramio.com
Legian menjadi kawasan legendaris buat Bali. Sebuah tempat populer yang selalu disesaki orang-orang, baik masyarakat lokal mau pun wisatawan. Selain menyediakan oleh-oleh khas Bali, di Legian kamu juga bisa menemukan bar-bar atau penginapan murah meriah. Dengan daya tarik Pulau Dewata yang begitu besar, nggak heran kalau Legian selalu ramai orang dan cari tiket pesawat ke sana begitu mudah.

Legian juga menjadi saksi bisu peristiwa Bom Bali yang merenggut banyak nyawa orang yang nggak bersalah. Untuk mengenang kejadian tersebut, sempatkan diri mampir ke Ground Zero, tempat terjadinya ledakan yang membuat Indonesia menangis

#4. Tunjungan

sumber:bicarasurabaya.com

“Rek, ayo rek. Mlaku-mlaku nang Tunjungan.”

Lagu yang dinyanyikan oleh Mus Mulyadi ini mengungkapkan betapa indahnya jalan-jalan di Surabaya, tepatnya di daerah Tunjungan. Ada beberapa hal yang membuat lokasi yang bernama asli Jalan Basuki Rahmat ini legendaris. Pertama, karena ada Hotel Majapahit, tempat di mana arek-arek Suroboyo merobek bendera biru Belanda. Selain itu, Tunjungan merupakan jantung perekonomian Surabaya, di mana pusat perbelanjaan sampai perkantoran banyak terdapat di sana.

#5. Kesawan

sumber:mapio.net

Kalau ke Medan, jangan lupa mampir Kesawan. Sebuah jalan satu arah yang menjadi legenda masyarakat Sumatera Utara. Bukan hanya suasananya yang klasik, tapi juga karena ada gedung-gedung bersejarah, seperti rumah Tjong A Fie dan Gedung Lonsum. Di sini, kamu juga bisa menemukan banyak tempat kuliner khas Kota Durian ini.

#6. Somba Opu

sumber:mainbentar.com

Somba Opu merupakan tempat terbaik untuk mencari oleh-oleh khas Makassar. Karena sering dikunjungi wisatawan, jalan ini pun menjadi populer. Ada banyak hal yang bisa kamu bawa pulang dari Somba Opu, seperti kerajinan miniatur kapal pinisi dalam botol, minyak tawon, sutera tenun khas Makassar.

#7. Gang Lombok

sumber:nationalgeographic.co.id
Namanya Gang Lombok, tapi bukan di Mataram. Gang Lombok ini berada di Semarang, Jawa Tengah. Tempat terbaik untuk berburu oleh-oleh khas kota tersebut, Lumpia. Ya, jalanan ini menjadi saksi bisu terciptanya kuliner Lumpia untuk pertama kalinya, yang diresepkan oleh Tjoa Thay Yoe dan Wasih. Selain pusatnya oleh-oleh, Gang Lombok juga punya nuansa oriental yang kental karena berada di kawasan pecinan.

Itulah tujuh jalanan legendaris yang ada di seluruh Indonesia. Kalau sedang cari tiket pesawat untuk mampir ke salah satu kotanya, pastikan kamu mengunjungi jalan-jalan tersebut dan merasakan keindahan serta nuansa yang, mungkin, nggak akan kamu temukan di kota asalmu.

9 comments

  1. Dari 7 cuma 4 Jalan yang pernah dilewati dan Malioboro masih tetap dihati :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jogja mah tempatnya susah bikin lupa ya kak :) nancep di hati pokoknya "malioboro"

      Delete
  2. Jalan Braga difoto jam berapa itu ya. Aku ke sana ramai terus :')

    ReplyDelete
  3. Saya baru 2 dari list diatas yaitu jalan malioboro dengan jalan braga (karena saya besar di bandung hihihi). Tetapi saya masih berharap sekali bisa kembali berjalan di malioboto dengan orang2 tercinta

    ReplyDelete
  4. Dari ketujuh jalan Legendaris itu, saya baru dua yaitu Malioboro dan Legian. Mudah-mudahan bisa menjelajah yang lima lagi.(doain ya kak, heheh)

    ReplyDelete
  5. Jalan Braga kalau sepi jadi kaya tempo dulu gitu yah.... tapi sayang makin kesini makin ramai dan padat

    ReplyDelete

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.