Type something and hit enter

author photo
By On
orang berangkat kerja naik kereta
Siang ini matahari mulai terik dan suasana di gedung mulai memanas karena pendingin ruangan sudah tidak mampu lagi melayani lautan manusia yang tengah berjuang mencari info loker di gelaran Job Fair yang tengah berlangsung.

Meskipun begitu kondisi ini tidak menyurutkan semangat adik-adik fresh graduate datang menghampiri satu persatu stand untuk melamar pekerjaan impian mereka.

Tidak sedikit pula saya melihat teman-teman yang sudah berpengalaman ikut mencari peruntungan juga pada Job Fair kali ini sambil berharap mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan sebelumnya dan ada juga yang mencari pekerjaan baru supaya bisa mendapatkan kantor yang lebih dekat dengan keluarga.

Pada kenyataanya seseorang yang berpengalaman pun belum tentu jadi jaminan mudahnya bersaing di dunia kerja.

Bisa dibilang persaingan di zaman sekarang lebih ketat dibandingkan dengan tahun-tahun lalu sehingga diperlukan usaha lebih. Selain teknologi yang harus kita ikuti perkembangannya kita juga harus terus meng-upgrade kemampuan, keterampilan dan memiliki spesialisasi di satu bidang.
job fair jakarta
Job fair | Dok. Pribadi

Nyobain Cari Kerja di Situs Lowongan Pekerjaan

Di zaman yang serba online ini kita bisa menghemat waktu dan biaya untuk mencari info lowongan kerja dengan memanfaatkan komputer atau smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Saya tanya ke salah satu calon pelamar yang ada di event job fair "Sudah pernah nyobain cari kerja via online belum?" dia jawab "Belum mas, takut banyak perusahaan bodong yang suka tipu-tipu"

Memang sih enggak bisa dipungkiri kalau kondisi pengangguran yang banyak di Indonesia mudah dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Contohnya perusahaan fiktif yang mengiming-imingi lowongan pekerjaan dengan posisi dan gaji tinggi melalui media online serta biasanya harus mentransfer sejumlah uang dengan nominal tertentu.

Melihat kasus ini kita mesti hati-hati memilih situs lowongan pekerjaan paling terpercaya. Salah satu situs lowongan pekerjaan terpercaya di Indonesia yang menyediakan banyak lowongan berkualitas adalah Jobstreet. Melalui situs ini kita bisa menemukan pekerjaan yang diinginkan dengan mudah, dimana saja dan kapan saja tentunya hemat waktu dan biaya.

Kebetulan saya juga salah satu pencari kerja (pasif) yang hampir setiap hari selalu mendapatkan notifikasi email masuk dari si Lina. Unch banget deh si Lina rajin banget ngirimin email terus ke saya yang isinya informasi lowongan kerja terbaru dari banyak perusahaan berkualitas. #PerhatianBanget
lina jobstreet
Lina Jobstreet dari email pribadi
Oh iya perlu teman-teman ketahui si Lina ini bukanlah orang atau agen baik hati yang kerjaannya cuma ngirim email ke kita tapi Lina ini merupakan sistem yang diciptakan untuk mempermudah mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi kita. Keren!

Tips supaya profil Jobstreet kamu dilirik oleh perekrut

Bagi teman-teman yang aktif maupun pasif mencari pekerjaan bisa dicoba tips berikut untuk memperbesar peluang untuk direkrut oleh perusahaan berkualitas.

#1. Selalu update detail kontak

Jika ada perubahan alamat tempat tinggal, nomor handphone atau alamat email sebaiknya di-update sehingga perekrut dengan mudah menghubungi kita nanti. Pasti enggak mau donk ketika kamu terpilih untuk wawancara ternyata kontak kita sulit dihubungi.
profil civil engineer
Info Profil

#2. Lengkapi detail pengalaman

Salah satu hal penting yang akan dilihat perekrut adalah pengalaman kerja kita. Sebisa mungkin isi deskripsi pengalaman kerja dengan baik dan lengkap jadi bukan hanya berisi jabatan yang pernah diduduki di perusahaan sebelumnya saja.
profil jobstreet
Profil Dewangga Setiawan

#3. Tunjukan kemampuanmu di kolom keterampilan

Pamerkan kemampuan atau keterampilan yang kamu kuasai minimal 5 karena perusahaan zaman sekarang lebih memilih kandidat yang bisa multitasking namun tetap memiliki spesialisasi khusus di bidangnya.
skill dewangga setiawan
Keterampilan kerja

#4. Kemampuan berbahasa

Sebagai kandidat yang kompeten kita minimal bisa berbahasa Inggris yang cukup baik, terlebih lagi jika perusahaan incaran kita merupakan perusahaan berskala internasional dan diharuskan berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa inggris. Jobstreet juga menyediakan tesnya juga lho!
kemampuan berbahasa asing
Tes JELA

#5. Info tambahan lainnya

Berisi mengenai info rentang gaji yang diinginkan dan lokasi penempatan kerja yang diharapkan. Dengan begitu kita akan mendapatkan informasi lowongan kerja melalui email berdasarkan info yang kita tulis tersebut.
gaji yang diinginkan di jobstreet
Isi gaji yang diharapkan dan penempatan kerja

Merasakan mudahnya mencari pekerjaan berdasarkan kisaran gaji dan lokasi yang diinginkan

#6. Gunakan Aplikasinya pada Smartphone-mu

Kemudahan mencari kerja bisa kamu rasakan ketika kamu sudah meng-install aplikasinya. Bisa setiap saat apply pekerjaan sesuai dengan tempat dan gaji yang kamu inginkan.

aplikasi jobstreet
Gunakan aplikasi Jobstreet

#7. Buat dan upload CV yang menarik

Buatlah CV yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar kalau bisa bikin 1 lembar tapi padat dan enggak perlu hiasan atau efek-efek segala (kecuali posisi yang dilamar adalah Design Grafis).

#8. Lamarlah sesuai kualifikasi

Dengan bijak memilih pekerjaan sesuai dengan kualifikasi, jangan asal meng-klik Apply karena kemungkinan besar kamu akan langsung dieliminasi.
lamar sesuai kualifikasi
apply sesuai dengan kualifikasi

#9. Tinggalkan pesan

Tulis pesan singkat ketika melamar dengan jelas dan singkat "alasan kenapa kamu merupakan kandidat yang cocok untuk posisi yang dilamar"

#10. Manfaatkan fitur laporan survei gaji pada Jobstreet

Fitur ini berguna untuk mengetahui berapa sih "harga kamu" dengan kualifikasi dan posisi saat ini di dunia kerja.

Bisa dibilang tips diatas sangat simpel dan mudah diterapkan akan tetapi masih banyak calon pelamar mengabaikannya padahal poin-poin penting yang menjual ada disana dan membuat kita dilirik oleh perekrut.

Perbedaan Jobstreet dengan situs lowongan yang lain?

Banyak situs lowongan pekerjaan sejenis di Indonesia namun saya menemukan kelebihan yang dimiliki Jobstreet yang tidak ada disitus lain :
  1. Banyak lowongan dari perusahan berkualitas dari dalam negeri maupun luar negeri
  2. Siapa sih yang tak mengenal LiNa? dapatkan job alert setiap hari melalui email
  3. Mengetahui perusahaan yang melihat dan mereview profil kita
  4. Mendapatkan informasi gaji di berbagai daerah di posisi yang sama dan bisa kita gunakan untuk benchmarking
  5. Memiliki aplikasi mobile yang compatible ke berbagai perangkat sehingga bisa mendapatkan job alert setiap hari melalui handphone, bisa memperbaharui resume dimanapun, bisa melamar pekerjaan dengan praktis.
  6. Mendapatkan tips karir dan pekerjaan

Itulah pengalaman saya dalam menggunakan Jobstreet untuk mencari lowongan kerja berkualitas, praktis dan terpercaya.


Untuk aplikasi mobile-nya bisa diunduh disini https://www.jobstreet.co.id/mobile-app/ dan jangan lupa untuk mem-follow akun sosial medianya di bawah ini :
Feature Image : Dok Pibadi

8 komentar

avatar

Kak lina ini perhatian banget memang, tiap hari rutin kirim 2 email yg isinya lowongan kerja. Tapi dari tahun kemaren, saat aku masih kerja sampe nikah dan jdi pengangguran, kok yaa.. Belum ada satupun panggilan :(

avatar

Pernah nih aku dua kali dapet perusahaan bodong yg disuruh bayar dulu hiks. Nyari kerja mau dapet duit, malah disuruh keluarin duit duluan. Ga sedikit pula disuruh bayarnya :(

avatar

Wah bisa jd referensi utk persiapan cari kerja.. keren mas tulisannya

avatar

mungkin CV sampean perlu lebih dipoles lagi kak dan jangan lupa untuk memberikan "alasan kenapa kamu merupakan kandidat yang cocok untuk posisi yang dilamar"

avatar

nah kan, mesti hati-hati dan kroscek perusahaan tempat dimana kita ingin melamar. Banyak penipuan berkedok lowongan pekerjaan

avatar

Nyari loker emg enaknya lewat online, lebih mudah dan simple.

Pernah ikut job fair, duh rame nya ga kebayang..

avatar

nah kan enak, bisa apply dimana saja dan kapan aja

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Click to comment