Tulis sesuatu dan tekan enter

author photo
By On
tes cpns bappenas
Kemarin hari Minggu, 28 Oktober 2018 saya telah mengikuti serangkaian tes seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang digelar di Bappenas, Jakarta. Pada tulisan ini saya akan membagikan pengalaman pertama saya mengikuti tes CPNS dan lika-liku yang saya hadapi. Semoga bermanfaat!

#1 Bersabar mengakses situs sscn.bkn.go.id

Gedeg nggak sih ketika mengakses laman BKN aja susahnya minta ampun, masalahnya klasik banget dari dulu sampai sekarang yaitu server selalu down saking nggak mampunya mengatasi traffic yang bejibun.

Tips :
  • Akses dikala karyawan sibuk kerja sekitar jam 8 pagi - 10 pagi
  • Akses dikala Batman beraksi sekitar jam 1 pagi - 4 pagi
  • Akses dikala orang lagi bobo cantik sekitar jam 2 siang - 4 sore

Jadi bagi yang masih gagal harap bersabar ini ujian, oh iya dan satu lagi jangan lupa baca alur pendaftaran supaya kamu nggak salah langkah apalagi sotoy asal daftar aja.

alur pendaftaran cpns
Baca alur pendaftaran
Dari berita yang saya baca banyak sekali pelamar yang mengirimkan berkas atau dokumen fisik ke kantor instansi yang dilamar, padahal tidak ada instruksi atau syarat yang menyatakan harus dikirim berkas fisiknya. #Hadeh

Biasanya ketentuan setiap instansi berbeda-beda lho ya, makanya selain mengakses laman resmi BKN kamu juga wajib cek laman instansi terkait untuk informasi lebih lanjut.

#2. Memilih formasi yang sesuai dan realistis

Sebelum memilih formasi, saya biasanya mengecek satu persatu instansi yang peminatnya nggak terlalu banyak namun masih relevan dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya (supaya nggak percuma kuliah 4 tahun lebih).

Menurut saya secara psikologi hal ini bisa meningkatkan rasa optimistis dan meningkatkan peluang lulus tes cpns. Tapi terserah kalian sih hahaha...baiknya sih pilih sesuai minat dan bidang kompetensi yang kalian kuasai.

#3. Jangan ditunda! Beresin secepatnya!

Saya bingung kenapa banyak pelamar yang menunda menyelesaikan isi data dan menunggu sampai hari menjelang pendaftaran ditutup. Padahal selagi ada kesempatan dan akses sedang lancar jaya sebaiknya segera diselesaikan saat itu juga.

Biasanya di hari menjelang penutupan akan banyak sekali pelamar yang mengakses laman BKN sehingga menyebabkan traffic membludak dan server pasti down. Akhirnya gagal melamar cpns!

#4. Cek secara berkala, siapa tahu besok ujiannya

Banyak pelamar yang kaget ketika melihat pengumuman bahwa tes diadakan keesokan harinya sedangkan masih belum memiliki persiapan yang matang. Kebayang kan rasanya hati gelisah dan bingung heheh, ditambah lagi lokasi tes yang berada di luar kota byuuhh...ampun...ampun...deh.

Bagi yang sedang bekerja, bingung nyari alasan ke atasan buat ijin cuti. Kalau bohong dosa, kalau jujur pasti gak diizinin. Dilema gak tuh!

Bagi yang nganggur, bingung nyari pinjeman duit buat beli tiket pesawat, kereta atau bus untuk menuju lokasi tes. Sambil bikin janji manis "kalau lulus nanti dibayar kok! dan bakal ditambahin" wkwkw. Padahal mah enggak!

Bagi yang udah udah ikut tes cpns untuk kesekian kalinya, harap-harap cemas antara lulus atau mesti mengulang lagi tahun depan (jika ada).

Jadi jangan lupa ya untuk cek secara berkala informasi dan pengumumannya di laman BKN atau laman instansi tempat kita melamar.

#5. Siapkan dokumen penting

Kesalahan yang sering saya jumpai yaitu banyak yang nggak menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar. Catet nih! dokumen yang mesti disiapin untuk daftar CPNS :
  1. Pas foto 4x6 cetak aja minimal 10 lembar background warna merah
  2. E-KTP asli atau kalau belum punya pakai surat keterangan perekaman (e-ktp sementara)
  3. Ijazah S1 terakhir asli
  4. Transkrip nilai asli
  5. Surat pernyataan asli yang sudah ditanda tangani diatas materai 6000
  6. Surat lamaran asli yang ditujukan ke lembaga/ instansi yang dilamar

Semua dokumen di atas wajib di scan supaya memiliki softcopy-nya untuk diunggah ke laman sscn.bkn.go.id sebagai kelengkapan untuk pendaftaran cpns. Ketika hari H usahakan dibawa semua untuk kelengkapan registrasi offline nantinya.
registrasi cpns jakarta
Suasana registrasi ulang dan verifikasi data

#6. Jangan lupa belajar CAT online

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, tahapan selanjutnya adalah melakukan tes CAT (Computer Assisted Test). Pada tes CAT ada 3 jenis bidang pengujian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Jumlah soal ada 100 dengan tipe jawaban multiple choice dan dikerjakan dalam waktu 90 menit. Kita tidak diperbolehkan membawa hp, dompet, jam tangan, gesper dan alat tulis kedalam ruangan ujian. Jadi hanya boleh membawa KTP dan kartu peserta saja, alat tulis sudah disediakan di ruangan.

Saya sendiri tidak lulus karena poin ujian TKP masih kurang 20 poin, dikit lagi euy...padahal diawal sudah diwanti-wanti oleh pengawas ujian, berdasarkan tes-tes sebelumnya bahwa kebanyakan pelamar tidak lulus karena nilai TKP yang kurang memenuhi passing grade.

Jadi untuk teman-teman yang mau lulus di tahap ini sebaiknya belajar dan latihan dari jauh-jauh hari supaya bisa melewati passing grade yang sudah ditentukan. Salah satu bidang saja tidak lolos ya otomatis tidak lolos semuanya. Jadi persiapkan diri kalian!
tes CAT cpns
Menunggu waktu masuk ruangan tes CAT

#7. Akhirnya...

Walaupun mendapatkan hasil yang kurang maksimal, setidaknya saya pernah mencoba dan jadi tahu seperti apa sih rasanya mengikuti tes cpns sampai ke tahap tes CAT. Mungkin nanti saya akan mencobanya kembali pada kesempatan berikutnya.

4 komentar

avatar

Mantap bang. Semangat utk ujian selanjutnyaa. Dimasa yg akan datang. Hehhee

avatar

Hari Jumat ikutan tes nih, rasanya dadigdug katanya TKP susaaah beet 😂

avatar

siap nanti akan dicoba dilain kesempatan lagi

avatar

bingung aja sih kita harus milih respon kita ketika dihadapkan pada situasi tertentu

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Click to comment