Tulis sesuatu dan tekan enter

author photo
By On
liburan ke samarinda
Mood hari ini benar-benar enggak "dapet" mungkin karena pekerjaan yang menumpuk seperti enggak ada habisnya. Rasanya pengen banget melarikan diri dari rutinitas sehari-hari yang bikin stress ini.

Bangun pagi - Berangkat kerja - Istirahat - Kerja lagi - Pulang - Tidur (berulang terus)

Puncaknya pada akhir bulan entah kenapa rasanya pengen nyari mood booster yang bisa balikin kondisi semangat dan percaya diri buat jalanin hari-hari dengan lebih baik lagi.

Padahal udah nyobain main game, nonton film, makan cokelat, makan es krim tapi belum juga dapet mood-nya.

Akhirnya muncul inisiatif buat "ngabur" sebentar dari kerjaan. Seperti biasa saya harus keluar dari zona ini dan ngabisin waktu buat jalan-jalan. Apalagi budget buat traveling sudah mencukupi buat pergi ke kota mana saja di Indonesia. 

Tujuannya kemana, saya pun masih belum ada bayangan mau kemana. Iseng-iseng browsing dan baca-baca tulisan teman-teman travel blogger akhirnya saya putuskan untuk kabur ke Kota Tepian Samarinda.

Berbeda dengan yang lain, saya tidak memilih destinasi wisata yang sedang hits di sosial media seperti Lombok, Malang, Bengkulu, Bandung, Jogja, Sumatera Utara dan Banyuwangi.

Saya malah lebih memilih liburan ke Samarinda, alasannya sederhana pertama pengen tahu aja dan kedua pengen menginjakkan kaki di tanah dayak yang kaya akan kearifan lokalnya.

Kenapa harus Samarinda? memangnya ada apa sih di sana.

Saya pun masih buta mengenai lokasi wisata disana jadi saya coba rangkum referensi dari teman-teman travel blogger dan saya buatkan daftarnya sebagai berikut :

1. Masjid Islamic Center

wisata religi samarinda
Foto : gomuslim.co.id
Masjid terbesar Se-Asia Tenggara di tepian Sungai Mahakam ini adalah salah satu ikon di Samarinda yang sangat dibanggakan warganya. Masjid ini memiliki desain bergaya arsitektur Turki dan memiliki ciri khas diantaranya adanya tujuh menara utama yang menjulang tinggi setinggi 99 meter yang bermakna Asmaul Husna dan memiliki enam menara di sampingnya yang bermakna enam rukun iman.

2. Sungai Mahakam

blogpost samarinda
Foto : @pesutetam_kapalwisata
Sungai yang merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Timur ini menyediakan fasilitas wisata River Cruise. Jadi kita bisa nikmatin indahnya menyusuri Sungai Mahakam di atas kapal, selain itu di sore hari kita juga bisa menghabiskan waktu di tepian sungai sambil jajan dan ngopi santai bersama.

3. Pampang Cultural Park

beautiful samarinda
Foto : .pedomanwisata.com
Kearifan budaya suku Dayak bisa kita saksikan disini secara lengkap. Bisa dibilang Desa Pampang ini merupakan aset lokal yang mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Samarinda. Setiap tarian yang ditampilkan memiliki filosofi dan makna yang berbeda-beda contohnya Tarian Kanjet Anyam Tali yang menggambarkan perbedaan suku, budaya, bangsa, dan bahasa namun tetap satu.

4. Kampung Tenun

iamdewangga
Foto : morethanjustalive10.wordpress.com
Bagi yang mau cari oleh-oleh bisa ke sini, tempat wisata yang sekaligus sentra penghasil tenun di Samarinda. Disini kita bisa membeli langsung kain tenun yang sudah jadi lho dan wisatawan juga bisa melihat proses pembuatan kain secara langsung dari pengrajinnya.

5. Air Terjun Berambai

backpacker jakarta
Foto : adigunawan86.blogspot.com
Air terjun yang cukup dikenal di Samarinda ini memiliki pesona yang mampu memukau traveler karena masih terjaga dan alami. Disini kita bisa mandi dan nyebur sepuasnya karena serasa memiliki air terjun pribadi lho.

6. Air Terjun Tanah Merah

blogger jalan jalan
Foto : wisatadiindonesia.com
Memang air terjun ini tidak memiliki warna air yang jernih disebabkan karena kondisi tanah yang cenderung berlumpur dan gambut. Namun masih layak untuk dinikmati karena lingkungan air terjun yang masih asri dan adem.

7. Pulau Beras Basah

travel blog
Foto : tourismlangkawi.weebly.com
Hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh rindangnya pohon kelapa mampu menghilangkan rasa lelah seharian keliling kota Samarinda. Disini kita bisa menyewa banana boat dan bisa snorkling atau sekedar berenang di pantai yang jernih ini.

Ya itulah 7 daftar lokasi wisata yang akan saya kunjungi di Samarinda nanti.

Setelah menentukan tujuan lokasi wisata selanjutnya saya mempersiapkan perlengkapan dan langsung booking tiket pesawat maupun hotel buat menginap karena saya tidak punya saudara atau kerabat disana.

Untuk urusan nyari hotel saya suka membandingkan dulu harga sewa hotel satu dengan yang lain melalui aplikasi untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Setelah saya cek disini akhirnya saya mendapatkan hotel yang cukup murah melalui Traveloka. Selain pembayarannya yang mudah dan enggak ribet, Traveloka juga memiliki banyak pilihan hotel yang lengkap di Indonesia maupun maupun di dunia. Keren!

Bagi teman-teman yang memiliki rencana liburan ke Samarinda seperti saya untuk urusan hotel mah gampang yang penting liburan dulu Traveloka kemudian.

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Click to comment