Tulis sesuatu dan tekan enter

author photo
By On
networking for freelancer
Menjadi seorang freelancer merupakan sebuah keputusan sulit yang diambil oleh sebagian orang. Karena jalan yang diambil tidaklah mudah dan lebih banyak tantangan dibanding menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan pada umumnya. Freelancer dituntut bisa melakukan berbagai hal mulai dari mencari project, closing, finishing project hingga ke perihal penagihan invoice sekalipun.

Seorang freelancer tentunya tahu arti penting dari membangun sebuah jaringan. Jaringan bisnis bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan project serta bisa membuka peluang-peluang lain untuk kolaborasi bisnis.

Keuntungan tersebut lah yang nantinya bisa dipetik dari keberhasilan sebuah jaringan. Lalu apa saja sih yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan bisnis? Berikut ada 5 hal penting yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang freelancer dan entrepreneur.

#1. Bergabung dengan Komunitas

networking dari komunitas
Gambar via bloggerjakarta
Komunitas merupakan tempat dimana kita bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat, passion bahkan profesi yang yang sama dengan kita. Tentunya akan bisa menambah motivasi dan lebih survive untuk menggeluti dunia freelance.

Selain itu kita juga bisa mendapatkan ilmu-ilmu bermanfaat yang ditularkan dari para anggotanya melalui meet up,  sharing session dan kuliah online. Contohnya jika kamu seorang blogger dan ingin bergabung ke dalam komunitas kamu bisa coba join ke Komunitas Blogger Jakarta

Disana kamu bisa belajar mengenai teknik blogging, teknik menulis, teknik SEO, membuat infografis dan estetika tampilan blog dan masih banyak lagi. Jadi selain terinspirasi kita juga sekaligus bisa menginspirasi banyak orang lho, keren kan!

#2. Membuat Blog atau Website

jasa arsitek sipil tangerang selatan
Gambar via dewastudio.com
Sekarang zamannya sudah digital dan sangat memerlukan media untuk mengenalkan profil atau untuk show off hasil portfolio kepada calon klien. istilah kerennya sih "personal branding" Kita nggak mungkin kan menjelaskan sampai berbusa-bisa mengenai skill dan kemampuan kita?

Jadi ketika face to face kita cukup sampaikan poin-poinnya saja dan untuk informasi lebih lengkapnya calon klien bisa diarahkan untuk mengakses blog atau website milik kita. Isi blog atau website sebaiknya diupdate secara berkala sehingga ketahuan kalau kita aktif dan konsisten.

#3. Aktif di Sosial Media

sosial media marketing
Gambar via natanaelginting
Jika blog dan website sudah dibuat lalu langkah selanjutnya buat diri kita lebih dikenal lagi melalui sosial media. Tidak bisa dipungkiri saat ini sosial media menjadi alat untuk berinteraksi dan bersosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat.

Sebut saja Facebook, Twitter, Instagram dan LinkedIn yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Sudah gratis, efektif dan mengasyikan maka dari itu manfaatkan semaksimal mungkin dan satu lagi pesan saya jangan alay apalagi membuat postingan yang memicu flaming di sosial media.

#4. Membuat Kartu Nama yang Profesional

Dalam mengembangkan bisnis jasa kita bisa memanfaatkan cara lama seperti kartu nama sebagai alat personal branding yang eksklusif. Selain sebagai alat untuk mengenalkan profil diri dan informasi bisnis, kita jadi semakin terlihat lebih profesional.

Nah saya pengalaman membuat kartu nama nih teman-teman jadi untuk urusan bikin kartu nama saya tipe orang yang nggak mau ribet, jadi saya menggunakan Gogoprint sebagai solusi cetak online kartu nama. Bikin kartu nama jadi sangat mudah banget lho!
banyak pilihan cetak gogoprint
Bukan hanya kartu nama saja, Gogoprint juga melayani cetak online bermacam produk seperti flyer, kartu undangan, brosur, stiker, daftar menu, poster dll. Barangkali bisa jadi langganan kantor kamu nih!

Oke yuk kita lanjutin ke bagaimana mudahnya bikin kartu nama secara online ini. Pertama bagi teman-teman yang kesulitan untuk mendesain sendiri kartu namanya nggak perlu cemas karena teman-teman bisa langsung memilih template yang sudah disediakan. Contohnya seperti di bawah ini.
kartu nama gogoprint

Namun jika sudah memiliki desain sendiri kita bisa langsung meng-upload hasil desain kita dan jangan lupa pastikan dimensi desain kartu nama sudah sesuai berukuran 9cm x 5.5cm dan formatnya .jpg, .png, .pdf.
desain kartu nama sendiri
Langkah selanjutnya kita bisa menentukan jenis kertas, format ukuran kartu, jumlah sisi cetak dan finishing kartu nama sesuai keinginan.
kartu nama murah online
Setelah selesai dengan langkah di atas lalu kita bisa menentukan jumlah pieces yang dibutuhkan serta mengatur tanggal penerimaan sesuai keinginan bisa lebih cepat atau bisa memilih hari-hari setelahnya, tentunya dengan harga yang lebh murah.
bikin kartu nama online
Kita diberi rangkuman pesanan yang menunjukan total harga yang harus dibayar berdasarkan dengan pengaturan kita tadi.

Disana ada informasi tagihan, informasi pengiriman dan metode pembayaran yang kita inginkan. Tinggal kita tunggu dirumah lalu kartu nama akan dikirim segera ke alamat kita. Mudah banget!
bikin kartu nama murah
Berdasarkan pengalaman diatas, saya mendapatkan 4 keuntungan dari cetak online melalui Gogoprint ini diantaranya :
  • Harga yang terjangkau
  • Lebih efisien
  • Pengerjaan cepat
  • Proses yang simpel
Berikut salah satu kartu nama yang saya order untuk mengembangkan bisnis saya
So..buat teman-teman yang sedang butuh kartu nama buat ngembangin usahanya atau ada urusan cetak online lainnya bisa langsung saja akses website mereka di Gogoprint.co.id atau mau lihat-lihat dulu portfolio mereka disini.

#5. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Setelah memiliki keempat poin diatas rasanya kurang lengkap jika tidak disempurnakan dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Teman-teman pasti tahu kalau setiap pekerjaan pasti membutuhkan suatu komunikasi untuk berinteraksi yang membuat tim menjadi lebih solid dan bisa dipercaya.

Jadi teman-teman freelancer sudah sampai di poin nomor berapa sekarang perkembangan bisnisnya? Yuk diskusi dengan cara meninggalkan respon di kolom komentar di bawah ini! Terima kasih.

Feature image : rawpixel.com

8 komentar

avatar

Kalau saya belum sampai membuat kartu nama.. Hehe.. Tapi boleh banget tuh bikin kartu nama di gogoprint..

avatar

Wah desain kartu namanya bagus dan keren jadi tertarik buat kartu nama juga nih

avatar

Qah baru kmrn nikir mau bkij kartu nama. Udha dikasih rekomendasi aja hehe. Mau yg shabby2 gtu ada ga yaa

avatar

buat freelancer mencari banyak job harus banget menjaring networking dimanapun dan kapanpun, jadi punya kartu nama harus banget punya lah yah... btw itu kartu nama gogoprint 100pcs cuma 133 ribu murah bingits yah..

avatar

untuk seorang yang terjun di dunia profesional wajib kak, supaya gampang dapat peluang kerja

avatar

sok atuh bikin :) kalau enggak bisa desain udah ada template yang tinggal pakai kak

avatar

coba cek portfolio mereka kak...atau bisa desain sendiri ambil di internet

avatar

iya lumayan padahal aku pilih material kertasnya yang bagus, terus rounded gitu diujungnya ditambah lagi pake lapisan supaya awet kartunya

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Click to comment