Tulis sesuatu dan tekan enter

author photo
By On
 Travel Fotografi ala Travel Blogger
Traveling hampir menjadi hobi setiap orang di dunia, banyak sisi positif yang didapatkan ketika melakukan perjalanan ke suatu tempat yang baru dan menyenangkan. Saya dan pasti teman-teman juga sering melakukan traveling ke tempat-tempat seru di Indonesia.

Hal yang pasti enggak boleh terlewatkan adalah mengabadikannya kedalam sebuah foto atau video. Entah itu foto landscape, foto human interest atau foto selfie semua orang orang pasti menyukai fotografi. 

Namun tidak semua traveling akan menyenangkan bahkan malah bisa berjalan membosankan yang disebabkan oleh minimnya persiapan dan perlengkapan yang dibawa. Apalagi yang bikin tambah kesel lagi ketika hasil foto atau video traveling kita hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Sudah jauh, ongkosnya mahal eh tapi malah gagal keren. Nyesel kan? 

Lalu bagaimana cara memaksimalkan traveling-mu supaya keren maksimal seperti travel blogger idola kalian? Berikut saya bagikan tips dan pengalaman yang saya dapatkan juga dari beberapa travel blogger Indonesia.

#1. Cari referensi sebanyak mungkin

Sebelum bepergian ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebaiknya kita banyak-banyak deh cari referensi melalui internet, forum, blog, sosial media atau teman yang pernah berkunjung ke lokasi tersebut.

Sehingga kita dapat mengetahui informasi mengenai akses, ongkos, spot foto dan kuliner khas disana. Bisa juga kita menggunakan jasa travel guide untuk memandu perjalanan kita.

Karena saya pernah pengalaman sewaktu mengunjungi Pantai Sumaladaha di Ternate, sampai 2x bolak balik buat mastiin apakah benar airnya sebening kaca. Kunjungan pertama saya sedikit kecewa lha wong pantainya coklat tidak sama seperti di foto yang tersebar di sosial media.

Keesokan harinya saya dikasih tahu oleh salah satu orang hotel bahwa pantai yang sebening kaca ada di sisi satunya. Ternyata benar ajib banget pemandangannya.

#2. Coba bangun lebih awal

Menurut saya bangun lebih awal itu sebuah keharusan, kenapa begitu? karena kita tidak sedang menghabiskan liburan di rumah yang bisa bangun siang atau bermalas-malasan seharian. Menjadi sebuah kerugian kalau kita datang jauh-jauh hanya untuk bangun siang di tengah suasana liburan.
Manfaatkan liburan untuk mengeksplor banyak hal-hal baru mulai dari mengejar sunrise, interaksi dengan masyarakat lokal, mencoba wahana, mencicipi jajanan khas, ambil objek foto lebih banyak hingga terbenamnya matahari. Harus menang banyak pokoknya!

#3. Wajib jaga kondisi tubuh

Nggak pengen dong waktunya liburan eh malah kondisi badan kurang fit buat diajak seru-seruan. Sedih banget pastinya, maka dari itu sebaiknya manfaatkan waktu istirahat dengan sebaik mungkin. Persiapkan obat-obatan pribadi dan multivitamin lebih supaya liburanmu tidak terganggu.

#4. Gunakan Pakaian & aksesoris yang nyaman

Hasil foto akan tambah kece kalau kita memakai pakaian yang dipadupadankan dengan pas sesuai dengan tema liburan. Tentunya hal ini bisa dibilang sesuatu yang "niat banget" tapi memang harus seperti itu kalau mau mendapatkan hasil maksimal.

Jangan lupakan juga aksesoris seperti syal, selain dapat menghangatkan tubuh dapat juga menambah kesan hodie. Lalu ada aksesoris seperti topi yang akan menyelamatkanmu dari panasnya matahari dan bad hair. Maksimalin penampilanmu!

#5. Bawa kamera mumpuni

Pada umumnya travel fotografi banyak menggunakan kamera profesional DSLR maupun mirrorless dan aja juga yang lagi tren yaitu memakai bantuan drone untuk mengambil gambar maupun video.

Eits...tapi bagi mereka yang tidak memiliki peralatan tersebut enggak usah berkecil hati. kita masih bisa kok travel fotografi menggunakan smartphone. Apalagi zaman sekarang kamera smartphone sudah canggih-canggih.

Saya yakin pembaca yang doyan traveling pasti lebih banyak mengabadikan momen traveling-nya menggunakan kamera smartphone dibanding kamera DSLR atau mirrorless. Hayoo ngaku deh!

Memilih kamera untuk travel fotografi sebaiknya sesuai kebutuhan. Smartphone sendiri terbatas hanya untuk diposting di sosmed dan media blog

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam memilih smartphone untuk travel fotografi karena smartphone juga kemampuannya tidak seperti kamera profesional pada umumnya. Jadi kita harus bisa memaksimalkannya.

Kualitas pixel yang tinggi. Biasanya semakin besar pixel maka hasilnya pun bagus juga contohnya pada smartphone keluaran terbaru Samsung yaitu Galaxy A7 yang mana tersemat kamera depan sebesar 24 megapiksel f/2,0 sedangkan kamera belakang memiliki tiga kamera sebesar 24 megapiksel f/1,7; 8 megapiksel f/2,4 dan 5 megapiksel f/2.2.
samsung best camera

Kamera ini juga memiliki fitur Ultra Wide Angel yang akan memudahkan kita mengambil objek pemandangan dengan jangkauan luas dan terekam dalam satu frame. Berikut perbandingan ketika mengambil dengan mode normal vs wide angel.

smartphone samsung kamera terbaik

Make ordinary photo become extra ordinary, and you can start to Capture Life Differently

Kapasitas memori penyimpanan. Tentunya hasil foto yang bagus akan mempengaruhi ukuran file foto yang cukup besar namun teman-teman enggak usah khawatir memori penuh akibat kebanyakan file foto. Karena Galaxy A7 ini sudah mampu menggunakan MicroSD yang berkapasitas hingga 512 GB lho.

Manfaatkan LOW ISO. Untuk bisa mengatur ISO kita harus menggunakan mode manual pada smartphone dan pengaturan ISO-nya disetting rendah sehingga membuat hasil foto lebih halus dan bagus kualitasnya. Namun memerlukan pencahayaan yang cukup terang.

kamera galaxy A7

Antisipasi Guncangan.  Beberapa permasalahan smartphone fotografi diantaranya adalah mudahnya shake saat mengambil gambar sehingga hasilnya pun kurang maksimal.

Nah pada Galaxy A7 ini fitur scene optimizer yang sangat bermanfaat banget buat meminimalisir guncangan serta mampu mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan saturasi, white balance dan pencahayaannya.

samsung indonesia
Selain fitur kamera yang canggih ,smartphone ini juga memiliki 2 pilihan besaran RAM yaitu versi RAM 4GB/ ROM 64 GB dan versi RAM 6 GB/ ROM 128.

Layarnya menggunakan AMOLED 6 inci, full HD Plus 1080 x 2220 piksel dan menggunakan prosesor Exynos 7885, CPU octa-core 2,2 Ghz.

Memiliki kapasitas baterai 3.300 mAh ditambah lagi speaker Dolby Atmos yang akan memberikan pengalaman terbaik dalam mendengarkan musik favoritmu.

Oh iya smartphone ini sudah bisa kamu dapatkan di Samsung Store terdekat di kotamu dengan harga Rp 4.499.000 saja. Harga yang terbilang cukup terjangkau dengan spesifikasi mumpuni buat kalian penggemar fotografi.

#6. Eksplor berbagai angel

Setelah memiliki smartphone yang memiliki kamera mumpuni kamu perlu banget mencoba berbagai angle dalam mengambil gambar. Jangan takut untuk mencoba berbagai posisi hingga sudut pandang dramatis sekalipun. 

#7. Memaksimalkan aplikasi edit foto

Tidak bisa dipungkiri aplikasi edit foto seperti Snapseed, VSCO, Lightroom serta fitur filtering bawaan smartphone biasanya akan sangat membantu memberikan sentuhan ajaib pada foto. Enggak dosa juga kan sedikit editing supaya hasil foto terlihat sempurna.

Jika sudah menerapkan tips di atas dan mendapatkan hasil foto yang kece jangan lupa mention IG saya ya di @iam_dewangga dan sertakan hashtag yang relevan dengan foto traveling-mu. Supaya banjir like dan komentar. Silakan mencoba!



Feature image via pexels.com

3 komentar

avatar

Nomor 2 cobaan berat banget itu, apalagi kalo kemarinnya udah capek banget. Rasanya sulit untuk bangun pagi haha

Hasil foto galaxy A7 wide angel keren banget, bikin mupeng tapi harganya lumayan juga :( #SemangatMenabung

avatar

Serunya perjalanan itu kalau direncanakan plus ditemani gadget yang mupuni... yo wis..sueger pooll hasilnya :)

Btw... samsung yg galaksi prime aja belum puas nyobainnya udah masuk lagi yang baru. :)

avatar

wah wajib kemana-mana bawa kamera mirorless.
kayaknya kalo gak nangkap moment ketika travelling itu agak kurang ya.
kalo repot bawa kamera, pake HP juga gak masalah sekarang kan hp udah canggih-canggih kayak samsung lah contohnya.

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Click to comment