Tulis sesuatu dan tekan enter

author photo
By On
Coba SOSIAGO Influencer Marketing
Keuntungan Coba SOSIAGO Influencer Marketing Untuk Meningkatkan Awareness Bisnis - Dunia digital yang berkembang pesat di Indonesia saat ini ternyata telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap perubahan perilaku masyarakat. Hampir semua kegiatan rutinitas sehari-hari masyarakat sekarang tidak lepas dari yang namanya teknologi digital.

Salah satu teknologi digital yang paling melekat dengan kehidupan sehari-hari kita sekarang adalah media sosial. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua sekalipun sudah asyik dengan media sosial. Penggunanya hampir merata hingga ke seluruh penjuru kota di Indonesia bahkan saudara-saudara kita yang tinggal di daerah pun sudah mulai akrab dengan media sosial.

Pengguna media sosial di Indonesia terus bertambah dan sekarang sudah mencapai ratusan juta pengguna. (sumber:detik.com)

Sebenarnya apa sih yang membuat media sosial begitu digandrungi?

Jadi selain sebagai sarana berkomunikasi dan bersosialisasi, asyiknya di media sosial tuh kita bisa menemukan konten-konten menarik, informasi berita terbaru dan beragam informasi lainnya yang dibagikan oleh warganet maupun media online.

Fenomena ini menjadi salah satu penyebab minat masyarakat terhadap konsumsi televisi jadi menurun. Apalagi iklan-iklan yang terus membombardir pada acara televisi juga sering membuat jengkel penonton, apalagi kalau acara sedang seru-serunya. Suka kesal dikit-dikit iklan!

Tapi wajar saja sih kalau ada brand (merk) melakukan promosi produknya melalui media televisi karena dari dulu sampai sekarang masih terbukti ampuh untuk menggaet konsumen. Namun kehadiran media sosial di era digital ternyata sangat mempengaruhi perilaku konsumen.

Anak-anak muda generasi millennials yang suka menonton film dan tidak suka dengan iklan berlebih lebih memilih media sosial YouTube untuk streaming film favoritnya.

Sedangkan para orang tua yang sibuk kerja dan pulang malam lebih memilih mencari berita dan informasi terbaru melalui media sosial Twitter.

Akhirnya yang tersisa hanyalah para ibu-ibu rumah tangga yang suka nonton sinetron dan berita gosip di rumah sambil saling berbalas berkomentar status di media sosial Facebook.

Keadaan seperti itulah membuat iklan produk yang tayang pada media televisi menjadi kurang maksimal.

Perilaku konsumen mempengaruhi strategi pemasaran

Seperti yang kita tahu promosi melalui media televisi merupakan promosi satu arah yang mana kita sebagai konsumen selalu dicekoki terus menerus dengan beraneka jenis iklan yang ditayangkan saat jeda berlangsung.

Suka tidak suka, mau tidak mau ya memang seperti itulah cara promosi melalui media televisi.

Saya jadi teringat ketika masih kecil dulu, sering sekali saya mengganti-ganti channel dari stasiun TV satu ke stasiun TV lain saat ada iklan muncul. Saya yakin teman-teman pembaca juga pernah demikian hehe...

Teknologi digital mengubah strategi pemasaran suatu brand dan dituntut kreatif dengan memaksimalkan pemasarannya melalui media sosial. Memanusiakan konsumen dengan cara promosi dua arah melalui media sosial memang cara yang tepat di era digital saat ini untuk meningkatkan engagement, brand value dan brand awareness.

Tapi...tidak semudah itu ferguso!
Coba SOSIAGO Influencer Marketing
Sumber YouTube
Meningkatkan kepercayaan dan kesadaran konsumen terhadap suatu produk atau jasa tidaklah instant seperti halnya membuat mie (3 menit kelar). Semuanya membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit pula.

Namun ketika keterikatan emosional antara konsumen dan produk sudah terbangun maka akan sangat mudah bagi produk untuk dikenal dan diminati oleh masyarakat.

Mempromosikan produk melalui media sosial yang sering saya lihat dan sering dipakai adalah Facebook Native Advetising dan Influencer Marketing.

Perbedaan dari keduanya apa sih? yuk kita lihat bersama-sama pada infografis di bawah ini.
perbedaan FB ads dan Influencer Marketing
Bisa dikatakan seperti ini...

Kalau Facebook Native Advertising lebih menonjolkan fitur produk/ layanan dan diharapkan mampu membuahkan suatu action sedangkan Influencer Marketing menonjolkan kisah, cerita pengalaman berdasarakan user experience ketika menggunakan produk/ layanan.

Jadi Influencer Marketing sendiri merupakan teknik promosi dengan cara meng-influence atau mempengaruhi audience dengan suatu konten yang kreatif dan menarik. Nah biasanya sebuah brand menggandeng para influencer atau orang-orang yang memiliki pengaruh cukup kuat di media sosial.

Mencari Influencer Marketing yang Tepat untuk Promosi

Brand lagi cari Influencer Marketing
Lalu bagaimana cara mencari Influencer Marketing yang mau mempromosikan produk brand di media sosial mereka?

Jika belum memiliki database biasanya brand terjun langsung dengan menjalin hubungan dengan influencer secara langsung.

Memilih Jenis Influencer Sesuai Konten Marketing yang Dibuat

1. Blogger
Jika sasaran pemasarannya adalah mereka yang sering mencari referensi artikel melalui mesin pencari Google disarankan menggunakan jasa Blogger. Salah satu blogger yang bisa diajak kerjasama sebagai influencer adalah saya sendiri :) bisa langsung kontak saya atau bisa juga melalui SOSIAGO Influencer Marketing.
akun SOSIAGO Influencer Marketing
Profil Influencer via Sosiago

2. Buzzer
Mau lebih dekat dan lebih dikenal dengan warganet yang aktif di media sosial? maka promosi yang tepat adalah menggandeng Buzzer. Salah satu hasil dari kerjaan si Buzzer ini adalah membuat trending topic suatu slogan produk untuk mengenalkannya ke masyarakat dengan menggunakan hashtag (#) di media sosial Twitter.

Jika mau engagement dan brand awareness bertambah bisa juga menggunakan Buzzer Instagram yang memiliki follower ribuan dan bisa membuat caption yang menarik (softselling).

Seperti yang pernah saya lakukan beberapa waktu lalu untuk mengenalkan aplikasi layanan on demand di Indonesia, kalau penasaran boleh cek Instagram saya di @iam_dewangga atau bisa juga temukan saya di Sosiago Influencer Marketing.
instagram Influencer Marketing
Instagram @iam_dewangga

3. YouTuber
Hampir sama sepeti Blogger hanya saja konten yang dimuat pada YouTube dalam format video. Proses pembuatannya pun cukup memakan waktu dan biaya karena mulai dari menyiapkan konsep, talent, pengambilan video hingga ke proses produksi.

Sudah banyak Youtuber Indonesia yang membuat karya-karya luar biasa melalui video yang berpotensi viral dan trending karena jumlah viewer yang mencapai jutaan. Melihat hal ini tentunya merupakan peluang bagi brand untuk bisa menyisipkan promosi produk di video tersebut.

Memilih Influencer Sesuai dengan Niche Produk

Supaya hasil promosi bisa maksimal kita tidak boleh sembarangan memilih influencer. Itulah perlunya menyesuaikan produk dengan niche si influencer. Jadi tidak hanya berpatokan kepada jumlah follower saja.

Memiliki jumlah follower tinggi pada media sosial tidak bisa jadi patokan keberhasilan suatu campaign, karena mereka yang memiliki jumlah follower tinggi biasanya tingkat engagement-nya kecil.

Maka dari itu disarankan menggandeng influencer yang memilki jumlah follower tidak terlalu banyak sehingga tingkat engagement akan tinggi, mereka biasa disebut micro-influencer. Mereka adalah orang-orang yang spesifik karena memiliki niche tertentu, sehingga para followernya pun pasti juga memiliki minat atau ketertarikan yang sama dengan si influencer.
niche SOSIAGO Influencer Marketing
Misalkan produknya yang mau dipromosikan adalah layanan aplikasi penjualan tiket pesawat, kereta api atau pemesanan hotel pasti akan lebih tertarget jika memilih influencer yang sering melakukan traveling atau biasa dikenal dengan sebutan travel blogger.

Jika produk yang dipromosikan berupa tempat makan atau sebuah booth minuman pasti akan lebih maksimal jika memilih influencer yang doyan makan atau biasa dikenal dengan sebutan food blogger.

Bagaimana? Cukup panjang bukan? Prosesnya untuk mendapatkan influencer yang sesuai dengan kriteria brand heheh...

Kalau mau praktis coba SOSIAGO Influencer Marketing saja! Teman-teman brand bisa menemukan ribuan influencer (blogger, buzzer, youtuber) sesuai kebutuhan dengan sangat mudah dan instan hanya kurang dari 60 detik. Canggih pokoknya!

Coba SOSIAGO Influencer Marketing untuk Meningkatkan Awareness Bisnis

Coba SOSIAGO Influencer Marketing
Dashboard via Sosiago
Melalui platform SOSIAGO Influencer Marketing, brand bisa membuat campaign secara mandiri sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Fitur ini dinamakan Self-Service for Brands, melalui fitur ini brand akan diberikan akses kemudahan dan tentunya no-hidden fee serta tidak ada service charge (0%) yang dibebankan lagi.

fitur SOSIAGO Influencer Marketing
Fitur via Sosiago

3 Langkah Menggunakan SOSIAGO Influencer Marketing

Buat Campaign → Pilih Influencer → Dapatkan hasil pekerjaan

Namun jika brand ingin lebih praktis dan terima beres bisa juga menggunakan fitur VIP-Service for Brands. Fitur ini menawarkan service terbaik dari Tim SosiaGo yang siap membantu untuk menjalankan campaign yang dibutuhkan. Tentunya ada biaya tambahan (service fee) yang besarnya tergantung periode pembayaran & jumlah budget.

Cara Kerja Sosiago Influencer Marketing

Coba SOSIAGO Influencer Marketing

Saya yakin setelah melihat fitur yang ditawarkan, teman-teman dari brand sudah tidak sabar untuk segera mengambil keuntungan coba SOSIAGO Influencer Marketing untuk meningkatkan awareness bisnis di tahun ini. 

Jadi tunggu apalagi? yuk segera temukan kami para influencer marketing yang siap membantu promosi bisnis kamu melalui media sosial!


Sumber referensi tulisan
  • Pengalaman pribadi
  • Sosiago.id

- Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
- Admin tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.
- Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Click to comment