Mengulik Perbedaan Antara Xiaomi Redmi 5 dengan Xiaomi Redmi 6

Perbedaan Antara Xiaomi Redmi 5 dengan Xiaomi Redmi 6
Perbedaan Xiaomi Redmi 5 dengan Xiaomi Redmi 6 via Shopee

Teknologi selalu hadir dengan membuat inovasi-inovasi baru, terutama produk handphone yang selalu menawarkan seri-seri terbaru mereka dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Salah satunya produk Xiaomi.

Ya, kali ini Xiaomi kembali meluncurkan handphone seri redmi 6 pada beberapa bulan lalu di tahun 2018 kemarin, setelah mereka sukses mengeluarkan redmi 5 yang diluncurkan pada tahun 2017.

Xiaomi terus dan terus meningkatkan produk yang mereka pasarkan pada segmen pasar di Indonesia, karena keantusiasan para konsumen.


Perbandingan Layar Xiaomi Redmi 5 dengan Xiaomi Redmi 6

Perbedaan layar Xiaomi Redmi 5 dengan Xiaomi Redmi 6
Layar via IDN Times

Tak seperti pendahulunya yaitu redmi 5 yang memiliki ukuran layar 5.7 inci dengan resolusi 720 x 1440 pixels rasio 18:9 dan sudah dilengkapi dengan proteksi layar gorning gorilla glass.

Justru Xiaomi Redmi 6 memiliki ukuran layar lebih kecil 5.45 inci yang memiliki resolusi sama dari pendahulunya dan tak memiliki proteksi pada layar depan.

Sehingga tak jauh berbeda, karena hanya mengalami penurunan pada layarnya saja.

Perbandingan Dapur Pacu dan Performa

performa Antara Xiaomi Redmi 5 dengan Xiaomi Redmi 6
dapur pacu dan performa via tribunnews.com

Untuk segi sistem operasi Xiaomi Redmi 6 tidak lagi menggunakan Android Nougat 7.1.2 dan MIU 9 yang sebelumnya dipakai oleh redmi 5, dikarenakan Xiaomi redmi 6 mengalami pembaruan sistem operasi menjadi Android 8.1 Oreo.

Beralih pada Chipset nya sendiri redmi 5 masih memakai Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14nm), CPU Octa-core 1.8 GHz cortex–A53 dan GPU Adreno 506. Sedangkan Redmi 6 sudah dilengkapi dengan Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12nm), CPU Octa-core 2.0 GHz cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320

 Jika dilihat dari segi dapur pacunya, Xiaomi melakukan sedikit peningkatan kepada redmi 6 walaupun kini tak memakai prosesor andalan mereka yaitu Snapdragon, tapi sudah cukup bagus untuk melakukan aktivitas multitasking yang tidak terlalu berat.

Di bagian ruang penyimpanannya Redmi 5 menawarkan beberapa varian RAM dan memori internal yaitu 2GB/16GB, 3/4GB/32GB dan memori eksternal yang bisa di up hingga 128GB.

Dari varian tersebut kalian bisa memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tidak seperti redmi 5, ternyata redmi 6 memiliki peningkatan dengan varian RAM dan internal yang berkapasitas lebih besar, yaitu 3GB/32GB, 4GB/64GB dan memori eksternal yang bisa di up hingga 256GB.

Perbandingan dari Sisi Kamera

kamera Antara Xiaomi Redmi 5 dengan Xiaomi Redmi 6
Kamera via Shopee
Untuk sektor kameranya sendiri Xiaomi Redmi 5 dan Xiaomi Redmi 6 sama - sama memiliki kamera utama yang beresolusi 12MP dengan aperture f/2.2 PDAF yang memiliki fitur seperti LED Flash, HDR dan panorama.

Untuk kamera depannya kedua smartphone besutan Xiaomi ini memiliki lensa sebesar 5MP dan resolusi video hingga 1080@30fps yang dirasa sudah cukup untuk kegiatan berfoto atau selfie. Dari segi keamananya pun Xiaomi Redmi 6 tidak mengalami peningkatan, kedua smartphone ini masih sama-sama dilengkapi oleh fitur fingerprint (rear-mounted).

Kapasitas Baterai Xiaomi Redmi 5 dengan Xiaomi Redmi 6

Kemudian pada bagian baterainya, Xiaomi Redmi 6 mengalami penurunan yang cukup mengherankan. Karena smartphone ini hanya dibekali dengan baterai yang berkapasitas 3000 mAh saja, sedangkan untuk Redmi 5 sudah didukung dengan daya baterai yang kapasitasnya lebih besar yaitu 3300 mAh.

Selain itu kedua smartphone seri Redmi ini menawarkan pilihan warna yang tidak jauh berbeda. Jika Redmi 5 memiliki warna black, gold, light blue dan rose gold sedangkan untuk redmi 6 juga memiliki beberapa varian warna juga yaitu grey, blue, gold, dan rose gold.

Kesimpulan dari perbandingan Xiaomi Redmi 5 dengan Xiaomi Redmi 6

Kesimpulan dari beberapa ulasan yang telah bahas, bahwa perbedaan antara Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 6 tidak terlalu memiliki perbedaan yang signifikan. Sebab Xiaomi Redmi 6 hanya mengalami beberapa peningkatan dan penambahan pada bagian-bagian tertentu seperti layar, sistem operasi, dan profesornya saja.

Namun jika anda lebih menyukai Redmi 6 dan ingin segera membelinya, anda bisa memilikinya hanya dengan harga sekitar Rp 1.599.000. Sedangkan jika anda lebih tertarik dengan Redmi 5 karena dari segi baterainya, anda bisa memilikinya hanya dengan harga sekitar Rp 1.499.000.