Yuk Mengenal Jenis dan Fungsi Sertifikat Bahasa Inggris

pentingnya sertifikat bahasa inggris
Halo warganet apa kabar?

Saya ada pertanyaan nih untuk warganet tercinta :) Sudah tahu belum jenis dan fungsi dari sertifikat Bahasa Inggris itu apa saja?

Pasti beberapa sudah ada yang tahu dan masih banyak juga yang belum ngeh itu jenis makanan apaan sih hehehe.

Jadi bagi teman-teman yang ingin melanjutkan kuliah atau bekerja di luar negeri, biasanya akan menemukan syarat untuk melampirkan sebuah sertifikat bahasa Inggris. Tentunya sudah familiar kan dengan nama TOEFL, IELTS, dan juga TOEIC.

Nah ketiga nama tersebut merupakan sebuah sertifikat kursus bahasa Inggris terpercaya dan resmi yang berlaku secara internasional. Namun, untuk melanjutkan kuliah atau bekerja di luar negeri hanya membutuhkan beberapa dari ketiga sertifikat tersebut.

Oleh sebab itu, untuk melakukan persiapan teman-teman sebelumnya perlu mengetahui jenis dan fungsi dari masing-masing sertifikat bahasa Inggris tersebut. Sehingga persiapan yang akan dilakukan bisa sesuai dengan kebutuhan.

Jenis dan Fungsi Sertifikat Kursus Bahasa Inggris

1. Test of English as a Foreign Language (TOEFL)

TOEFL merupakan jenis sertifikat yang diperuntukan bagi teman-teman yang ingin kuliah atau bekerja ke negara yang menggunakan bahasa American-English sebagai bahasa resminya.

Penyelenggaraannya juga terbagi menjadi dua, yakni TOEFL internasional dan institusional. Untuk TOEFL internasional, nilai dan sertifikat diakui oleh semua lembaga di dunia. Sedangkan TOEFL intitusional, diselenggarakan oleh institusi tertentu dan hanya berlaku untuk kebutuhan serta untuk institusi tertentu.

2. International English Language Testing Sytem (IELTS)

IELTS merupakan jenis sertifikat yang diperuntukan untuk negara yang menggunakan bahasa British-English sebagai bahasa resminya. Terdapat dua versi IELTS, yaitu Academic Version dan General Training Version.

Untuk teman-teman yang ingin melanjutkan studi, bisa menggunakan IELTS Academic Version. Sedangkan untuk teman-teman yang ingin bekerja atau tinggal di luar negeri, menggunakan IELTS General Training Version.

3. Test of English for International Communication (TOEIC )

TOEIC merupakan jenis sertifikat yang diperuntukan atau dikhususkan bagi teman-teman yang ingin bekerja di luar negeri. Sebab dalam hal ini lebih menekankan pada kemampuan bahasa Inggris untuk komunikasi secara internasional atau business conversation.

Sehingga TOEIC dipercaya lebih efektif dalam mencari dan menyaring karyawan untuk perusahaan asing, atau perusahaan di luar negeri. Sehingga dalam mempersiapkan hal tersebut, teman-teman bisa mengikuti program EF Adults dengan metode dan kelas yang bisa disesuaikan kebutuhan. Sehingga teman-teman bisa memilih grup dan kelas yang dibimbing oleh penutur asli dan guru lokal.

Jadi sudah fix mau ikutan sertifikasi yang mana nih teman-teman?

Gambar utama : Pixabay