Desain Arsitektur Stadion di Indonesia Bertaraf Internasional

desain stadion gbk
Bicara soal pertandingan bola, di Indonesia ternyata ada banyak sekali stadion bola yang sering digunakan untuk menggelar sebuah pertandingan. Setiap stadion tersebut tentu memiliki kapasitas dan bentuk arsitektur yang berbeda. Disamping itu, ada beberapa stadion di Indonesia bertaraf internasional yang memiliki desain arsitektur yang sangat luar biasa.

5 Stadion di Indonesia bertaraf internasional, berikut ini adalah ulasan mengenai 5 stadion bola di Indonesia yang memiliki desain arsitektur bertaraf internasional:


1. Stadion GBK (Gelora Bung Karno)

desain stadion gbk
Image : Indonesia.go.id
Siapa yang tidak kenal dengan stadion bola yang satu ini? Para penggemar sepak bola do seluruh Indonesia pasti mengenal stadion yang sangat luar biasa ini. Selain memiliki kapasitas penonton yang sangat banyak (110 ribu orang), stadion terbaik di Indonesia ini juga unggul pada bagian desainnya yang sangat unik.

Salah satu keunikan yang ditawarkan stadion GBK adalah pada bagian atapnya, yaitu adanya konstruksi yang bentuknya mirip dengan gelang candrakirana, tidak lain adalah senjata milik Bima yang merupakan tokoh pewayangan populer di Indonesia. Adanya sentuhan arsitektur budaya inilah yang membuat GBK semakin menjadi stadion paling megah di Indonesia.

2. Stadion Pakansari

desain stadion pakansari
Image : Blibli.com
Bogor atau yang sering disebut kota hujan, ternyata juga memiliki stadion dengan kapasitas penonton yang luar biasa, yaitu mencapai 30.000 penonton. Bukan hanya memiliki area yang sangat luas, lapangan bola di stadion ini juga ditumbuhi rumput berkualitas nomor satu. Keunggulan lainnya terletak pada penggunaan tempat duduk yang didesain dengan sistem single seater. Mirip seperti stadion di Eropa.

3. Stadion Maguwoharjo

Berlokasi di kota gudeg Yogyakarta, Maguwoharjo juga termasuk salah satu stadion paling besar di Indonesia. Kualitas stadion ini semakin menonjol dengan penggunaan rumput nomor satu dengan kualitas terbaik untuk lapangan bola, yaitu rumput jenis Zoysia Matrella.

Selain mampu menampung hingga 40.000 penonton, stadion ini juga didesain dengan menerapkan sistem drainase yang sangat bagus. Menariknya lagi, Stadion Maguwoharjo ini didesain dengan arsitektur yang sangat modern, yaitu dengan menerapkan konsep “Mini San Siro”.

Ciri khas stadion ini terletak pada empat penjuru stadion yang identik dengan tangga berputar. Sama halnya dengan stadion-stadion di Eropa, Stadion Maguwoharjo juga tidak mempunyai lintasan atletik, sehingga para penonton akan lebih nyaman selama menyaksikan pertandingan.

4. Gelora Sriwijaya (Jakabaring)

desain stadion jakabaring
Image : Aksipost.com
Stadion Jakabaring yang terletak di Palembang ini merupakan stadion terbesar nomor tiga di Indonesia. Jakabaring telah diakui sebagai salah satu stadion dengan desain bertaraf internasional. Kemegahan stadion ini bisa terlihat dari arsitektur atapnya yang menggunakan simbol kejayaan kerajaan Sriwijaya pada bidang maritim, yaitu dilambangkan dengan bentuk perahu disertai layar terkembang. Tribun utama dari Stadion Jakabaring juga ditopang dengan 2 pelengkung baja yang berukuran raksasa. Semakin menambah kemegahannya.

5. Stadion Aji Imbut

desain stadion aji imbut
Image : Jogja Sky
Terletak di Kutai Kartanegara, stadion ini mempunyai begitu banyak keunikan dalam hal desain dan arsitektur. Salah satu keunikannya terlihat pada penggunaan atap yang dibuat dari jenis membrane. Ini mirip seperti stadion bola yang ada di Jepang, yaitu Sapporo.

Tidak berhenti di situ, keunikan lainnya juga terlihat dari adanya warna biru untuk lintasan atletik yang sangat berbeda dari lainnya. Atas beberapa keunikan yang ditawarkan, maka tidak heran stadion Aji Imbut menjadi salah satu yang termegah di Indonesia.

Itu dia, 5 stadion di Indonesia bertaraf internasional. Terbukti bahwa Indonesia juga memiliki stadion mewah dengan desain arsitektur bertaraf internasional. Untuk itu, stadion-stadion termegah tersebut perlu dirawat dengan sebaik-baiknya. Jika dibiarkan terbengkalai tanpa adanya perawatan yang berarti, tentu stadion yang megah ini akan kehilangan keunggulan dan keunikannya.

Posting Komentar

0 Komentar