Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tahapan Lulusan Teknik Sipil Menjadi PNS yang Wajib Kamu Tahu

tes cpns teknik sipil
Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu profesi yang paling banyak diperebutkan. Setiap tahunnya, ada puluhan ribu orang menantikan pembukaan tes CPNS. Persaingan yang ada pada tahapan CPNS ini juga sangat ketat bagi semua lulusan jurusan, termasuk lulusan teknik sipil.

5 Tahapan Mengikuti Tes PNS untuk Lulusan Teknik Sipil

Tidak ada yang membedakan Teknik Sipil dan jurusan lain untuk menjadi pegawai negeri. Hanya kebutuhan kuota saja yang jumlahnya tidak sama. Sebelum mendaftar, pastikan ada instansi yang membuka peluang untuk gelar tersebut. Serta jangan lupa untuk menyimak tahapan tes PNS berikut ini agar bisa melakukan tes dengan benar.

1. Tunggu Pengumuman Penerimaan dari CPNS dan PPPK

Pengumuman penerimaan akan dikeluarkan secara resmi oleh laman instansi terkait. Pastikan laman pemerintah yang dikunjungi menggunakan domain .go.id. Hal ini untuk menghindari penipuan yang marak terjadi di dunia maya.

Proses pengumuman biasanya dilaksanakan selama 15 hari kerja. Selama menunggu pengumuman, persiapkan berkas dan persyaratan yang dibutuhkan oleh lulusan Teknik Sipil. Dokumen yang harus dipersiapkan antara lain scan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), pas foto dengan background merah dengan maksimal ukuran 200 Kb, scan ijazah, scan transkrip nilai, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

2. Segera Mendaftar CPNS dan PPPK

Setelah periode pendaftaran dibuka, pelamar dapat langsung melamar secara online melalui laman resmi, yaitu sscn.bkn.go.id. Di halaman tersebut, pelamar diwajibkan membuat akun dan memilih instansi dan formasi sesuai jurusan.

Salah satu unit kerja yang membuka kesempatan untuk lulusan Teknik Sipil adalah kementerian PUPR. Pilihan jabatan antara lain teknik pengairan, teknik jalan dan jembatan, teknik tata bangunan dan perumahan, peneliti, serta pengelola pengadaan barang/jasa.

3. Tunggu Pengumuman Administrasi

Seleksi administrasi merupakan tahapan paling krusial dalam tes CPNS. Login akun yang sudah terdaftar di sscasn.bkn.go.id, isi instansi, formasi, dan jabatan yang dapat dipilih lulusan Teknik Sipil. Pastikan dokumen yang sudah dijelaskan di atas sudah dipersiapkan semuanya.

Pelamar harus benar-benar teliti, dokumen sudah lengkap sesuai permintaan formasi yang dilamar. Apabila ada berkas yang belum diupload, pelamar dianggap tidak memenuhi syarat. Kemungkinannya akan dinyatakan gugur di tahap ini.

4. Ikuti Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Selanjutnya, pelamar yang dinyatakan lolos administrasi wajib mengikuti SKD. Tahap ini menguji kemampuan pelamar dalam berhitung dan pengetahuan umum. Pelamar harus memenuhi passing grade yang ditetapkan agar dapat mengikuti tahap berikutnya, yaitu SKB.

Peserta SKB sangat dibatasi, sehingga pelamar harus memiliki nilai setinggi mungkin agar sampai ke tahap ini. Seleksi ini pelamar wajib mengikuti tes wawancara, tes fisik jika dibutuhkan, dan ujian tulis. Mungkin ada tambahan tes untuk bidang tertentu.

5. Tunggu Pengumuman Kelulusan dan Pemberkasan

Setelah mengikuti serangkaian tes, pelamar tinggal menunggu hasil penerimaan kelulusan. Pelamar lulusan Teknik Sipil yang dinyatakan lolos harus segera melakukan pemberkasan. Setelah berkas yang diminta sudah lengkap, pelamar secara resmi menjadi aparatur negara.

Itulah tahapan tes CPNS untuk lulusan Teknik Sipil. Berbagai tahap dan ketentuan tersebut bisa saja dapat berubah setiap tahunnya, sehingga harus selalu update dengan berita CPNS. Jika bercita-cita ingin menjadi abdi negara, pastikan untuk mempersiapkan diri sejak sekarang. Sehingga, saat nanti ada pembukaan lowongan CPNS untuk sarjana teknik sipil, bisa lebih siap untuk mengikuti serangkaian tes yang harus dilalui.

Feature Image : Koran.tempo.co

Posting Komentar untuk "Inilah Tahapan Lulusan Teknik Sipil Menjadi PNS yang Wajib Kamu Tahu"