Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sisa-Sisa Bangunan Belanda di Indonesia yang Bernilai Artistik Tinggi

sisa bangunan belanda artistis

Bukan menjadi rahasia lagi, bahwa Belanda pernah menjajah Indonesia selama tiga setengah abad lamanya. Setelah resmi hengkang dari bumi nusantara, kini hanya ada bangunan megah yang menjadi saksi bisu bahwa Belanda pernah berkuasa di Indonesia.
Meski ada beberapa bangunan Belanda yang roboh akibat termakan usia, namun banyak pula sisa-sisa bangunan Belanda di Indonesia yang memiliki nilai arsitektur tinggi dan masih terjaga kelestariannya.

5 Bangunan Belanda di Indonesia yang Masih Kokoh dan Bernilai Seni Tinggi Memang diakui bahwa bangunan Belanda memiliki ciri khas tersendiri dengan nilai artistik yang sangat tinggi. Tak terkecuali dengan sisa-sisa bangunan Belanda yang ada di Indonesia berikut ini:

1. Lawang Sewu – Semarang

sisa bangunan belanda artistis
Image : Idetrips.com
Salah satu bangunan Belanda di Indonesia yang paling megah adalah Lawang Sewu. Dibangun sekitar tahun 1904, hingga kini Lawang Sewu masih berdiri dengan kokoh di Bundaran Tugu Muda, Kota Semarang.

Dahulu, bangunan yang memiliki arti seribu pintu ini dikenal sangat mistis dan angker. Namun, kini Lawang Sewu telah dijadikan sebagai objek wisata dengan tampilan arsitektur kolonial yang sangat mengagumkan.

2. Museum Fatahillah – Jakarta

sisa bangunan belanda artistik
Image : Plesirankotatua.blogspot.com
Bangunan yang dahulu digunakan sebagai Balai Kota Batavia ini juga memiliki nilai artistik tersendiri. Meski dibangun sejak tahun 1707 – 1710, namun Museum Fatahillah masih terlihat begitu megah hingga sekarang.

Menariknya, bangunan ini memiliki kembaran di Amsterdam, yaitu Istana Dam. Ternyata, Museum Fatahillah memang sengaja dibangun menyerupai Istana Dam yang ada di Belanda. Bangunan yang memiliki tiga lanai ini dibangun dengan gaya arsitektur neo-klasik abad 17 dengan cat berwarna kuning tanah.

Selain itu, ada pula jendela dan kusen pintu yang dibuat dari kayu jati dan berwarna hijau tua. Ciri khas lainnya dari bangunan ini adalah adanya Patung Hermes serta Meriam Si Jagur yang sangat populer.

3. Gereja Blenduk – Semarang

sisa bangunan belanda
Image : Travelingyuk.com
Bangunan yang berada di kawasan Kota Lama Semarang ini juga termasuk dalam daftar peninggalan Belanda yang paling megah. Hingga kini, masyarakat bisa merasakan keindahan arsitektur Gereja Blenduk yang dibangun dengan bentuk persegi delapan ini. Disebut ‘Gereja Blenduk’ karena bangunan ini memiliki kubah yang berbentuk bulat. Sementara itu, nama aslinya adalah Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel.

4. Jam Gadang – Bukit tinggi

sisa bangunan belanda
Image : Kataindonesia.com
Jam berbentuk menara ini selesai dibangun pada tahun 1926 oleh pemerintah Hindia Belanda. Arsitektur jam gadang yang begitu mengagumkan ini dirancang oleh orang asli Indonesia, yaitu dari suku Minangkabau yang bernama Yazid Rajo Mangkuto.

Jam Gadang dibangun dengan tinggi 26 meter dan memiliki beberapa tingkat, dimana tingkat paling atas digunakan sebagai tempat menyimpan bandul. Di sana, ada 4 jam yan masing-masing memiliki diameter 80 cm. Bahkan, mesin jam yang digunakan sangat langka karena hanya ada 2 unit saja di dunia, yaitu dibuat oleh Vortmann Relinghausen yang namanya tertera pada lonceng jam.

5. Kantor Pos Besar – Medan

kantor pos peninggalan belanda
Image : Tentangkantorpos.blogspot.com
Kantor pos yang kini menjadi ikon Kota Medan ini memiliki tinggi mencapai 20 meter. Bangunan yang memiliki bentuk kubah sangat unik ini didominasi oleh warna orange dan putih, sama seperti identitas Pos Indonesia saat ini. Kantor Pos Besar dibangun menggunakan desain arsitektur modern fungsional, yaitu art deco geometrik.

Uniknya, kantor pos ini memiliki jendela berbentuk setengah lingkaran yang terletak di bagian sisi-sisi bangunan serta ada tiang-tiang putih yang menyangganya. Sehingga, bangunan ini lebih mirip seperti kandang burung.

Itu dia, 5 bangunan Belanda di Indonesia yang masih kokoh hingga sekarang. Setiap bangunan Belanja yang ada di Indonesia memang didirikan dengan gaya arsitektur yang sangat luar biasa. Tak heran jika banyak orang yang terkagum saat melihat keindahannya.

Posting Komentar untuk "Sisa-Sisa Bangunan Belanda di Indonesia yang Bernilai Artistik Tinggi"