Ad Code

Responsive Advertisement

Menambahkan Command Aliases Shortcut AutoCAD


Buat teman-teman yang ingin mencoba berkreasi menambah daftar command aliases atau shortcut baru pada AutoCAD, caranya mudah dengan menambahkannya melalui tab Express yang ada pada Menu Bar lalu klik Tools > Command Alias Editor.

Menambahkan Command Aliases Shortcut AutoCAD

Selanjutnya kita tinggal tambahkan Add lalu isi Alias atau Shortcut yang diinginkan lalu pilih perintah yang akan dipanggil saat menggunakan shortcut tersebut. Cek gambar di bawah lebih jelasnya!

Menambahkan Command Aliases Shortcut AutoCAD

Supaya lebih aman, pastikan alias yang ditambahkan belum dipakai oleh command bawaan AutoCAD supaya tidak me-redefine yang sudah ada. Disini saya menambahkan Alias "Q" dengan command-nya adalah Polyline yang memiliki shortcut asli PL & PLINE.

Ada 3 alasan kenapa saya menambahkan alias Q sebagai Polyline :

  • Polyline adalah command yang paling sering saya gunakan ketika menggambar objek
  • Lebih efisien karena 1 huruf saja yang diketik di keyboard dibandingkan mengetik PL (2 huruf)
  • Lebih mudah dijangkau dengan jari kelingking tangan kiri saya.
Setiap pengguna memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam mengoperasikan AutoCAD. Jadi seiring bertambahnya jam terbang masing-masing pengguna nantinya akan mengetahui celah atau bagian mana yang "seharusnya bisa dioptimalkan" dengan fitur penambahan shortcut ini.

Menambahkan Command Aliases Shortcut AutoCAD

Setelah berhasil ditambahkan nantinya database akan diperbaharui dan muncul daftar command aliases seperti pada gambar di atas. Jika sudah sesuai ✔ Check confirm changes > Klik Apply.

Selesai. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement